BREAKINGNEWS! 5 Tewas Saat SB Ryan Terbalik di Sungai Sembakung

1 Penumpang Dalam Pencarian

0 65

DETAKKaltim.Com, TARAKAN : Kecelakaan air menimpa Speedboat (SB) Ryan yang berpenumpang 30 orang di perairan Sungai Sembakung, Kabupaten Nunukan, Provinsi Kaltara, Senin (7/6/2021) Pukul 13:28 Wita.

24 orang penumpang SB Ryan dinyatakan selamat dalam kejadiaan naas tersebut, 5 tewas, dan 1 penumpang masih dalam pencarian oleh Tim SAR Gabungan.

Dilansir dari laman Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Tarakan pada Pukul 17:51 Wita yang menerima laporan tersebut menyebutkan, SB Ryan bertolak dari Kota Tarakan menuju Desa Atap, Kecamatan Sembakung, Kabupaten Nunukan.

Ketika berada di Perairan Desa Pelaju Sembakung, SB Ryan terbalik akibat terkena pusaran arus yang deras. Diduga dampak dari banjir yang melanda Desa Sembakung, beberapa hari lalu.

“Kantor SAR Tarakan menerima informasi kecelakaan Speedboat tersebut Pukul 14:00 Wita. Dan langsung memberangkatkan satu Tim Rescue menuju Last Know Positions (LKP) Pukul 14:17 Wita dengan jarak 39,19 Nautical Mile (NM),” jelas Kepala Kantor SAR Tarakan, Amiruddin AS.

Berdasarkan laporan yang diterimanya, Amiruddin menjelaskan SB Ryan terbalik karena pusaran air yang kencang, sehingga saat melintas area tersebut haluannya masuk ke dalam air.

“Speedboat SB Ryan terbalik akibat pusaran air cukup kencang. Ketika Speedboat melintasi area tersebut, haluannya masuk ke dalam air yang mengakibatkan terbalik,” jelasnya.

Baca juga :

Tim Rescue Basarnas Tarakan kemudian melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bulungan, Polairud Bulungan, dan Polair Polda Kaltara.

Estimasi perjalanan tim menggunakan 1 unit RIB 01 menuju lokasi, sekitar 2 jam 30 menit dengan heading 315 derajat. Kecepatan angin saat ini mencapai 3 hingga 12 knots, dengan tinggi gelombang 0,5 meter dan arah angin barat laut-timur laut. (DK.Com)

Sumber : SAR Tarakan

Editor   : Lukman

(Visited 16 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!