Anggota DPRD Kutim Harap Kepala Desa Paham Ilmu Pemerintahan

Siang : Kades Banyak Terpilih Tapi Tidak Mengerti ADD

DPRD KUTAI TIMUR

DETAKKaltim.Com, KUTAI TIMUR : Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Timur (Kutim) Siang Geah mengharapkan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, yang rencananya akan digelar tahun ini dapat melahirkan pemimpin berkualitas. Hal tersebut dimaksudkan agar Pemerintah Desa terpilih, mampu memajukan wilayahnya sebagai sebuah Desa mandiri.

“Kita berharap Pilkades ini bisa berjalan dengan baik, dan bisa menghasilkan Kepala Desa (Kades) yang kita harapkan,” ujarnya usai mengikuti rapat koordinasi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) di ruang hearing Sekretariat DPRD Kutim, Bukit Pelangi, beberapa hari lalu.

Politisi PDI Perjuangan itu mempertegas terkait pengetahuan calon Kades terhadap regulasi, administarsi dalam Pemerintahan Desa.

“Saya juga mempertegas tadi bahwa Kades banyak terpilih tapi tidak mengerti ADD, kita tanya ngerti nggak RPJMD tidak tahu, bagaimana mau jadi Kades. Bagaimana membuat dokumennya, bagaimana membuat perencanaannya,” tuturnya kepada DETAKKaltim.Com.

Baca juga :

Jika itu terjadi, menurutnya, maka legislatif dan eksekutif akan kesulitan lantaran data dari Desa sulit untuk didapatkan. Apalagi saat ini daerah menerapkan sitem SIPD (Sistem Informasi Pemerintahan Daerah), sebagai sistem informasi yang disajikan kepada masyarakat dan sebagai bahan pengambilan keputusan dalam rangka perencanaan, pelaksanaan, evaluasi kinerja Pemerintah Daerah.

“Karena selama ini dengan sistem SIPD, tentunya kita dan pemerintah akan kesulitan. Karena kalau dibawa tidak bisa menyiapkan, maka kita kesulitan untuk meminta datanya. Akhirnya yang muncul usulan abal – abal yang bukan merupakan kepentingan masyarakat itu sendri, ini tidak kita harapkan. Mudah-mudahan itu tidak terjadi, dari 62 Desa serentak bisa melahirkan Kepala Desa yang kita harapkan dan Desa bisa menjadi Desa yang mandiri.” pungkasnya. (DK.Com/adv.)

Penulis : RH

Editor   : Lukman

Leave A Reply

Your email address will not be published.