Bekerja di Balikpapan, Warga Korea Positif Covid-19

Bertambah 9 Kasus Positif di Kaltim Hari Ini

0 148

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Plt Kepala Dinas Kesehatan Kaltim Andi Muhammad Ishak kembali menyampaikan penambahan kasus yang dilakukan pemeriksaan laboratorium Covid-19 dengan hasil positif hari ini sebanyak 9 kasus, Minggu (28/6/2020) Pukul 17:00 Wita.

Informasi tersebut disampaikan Andi saat menggelar jumpa pers dengan sejumlah wartawan di Samarinda melalui Zoom Meeting. Ke-9 kasus tersebut terjadi di Samarinda, Paser, dan Balikpapan.

Data Perkembangan kasus Konfirmasi, Sembuh, dan Meninggal per 28 Juni 2020. (Sumber : Dinkes)

Di Samarinda 2 kasus, SMD 67 Laki-laki (19) merupakan kasus Orang Tanpa Gejala (OTG), warga Samarinda yang melakukan perjalanan Samarinda – Banjarmasin.  SMD 68 Laki-laki (21) merupakan kasus OTG warga Balikpapan yang bekerja melayani shipping Samarinda – Balikpapan.

“Kasus dirawat di RS Karantina Bapelkes,” kata Andi.

Selanjutnya, di Paser 2 kasus. PSR 28 Laki-Laki (52) merupakan kasus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang ditetapkan oleh Tim Klinis dan DKK Paser. Pasien mengalami keluhan demam, batuk dan terdapat gambaran pneumonia dari hasil foto Thoraks, pasien mempunyai komorbid Diabetes Melitus (DM) dan dirawat di RSUD Panglima Sebaya.

PSR 29 Laki-laki (34) merupakan kasus OTG warga Jawa Barat yang berdomisili di Paser akan melakukan perjalanan ke Jawa Barat, kasus dirawat di RSUD Panglima Sebaya.

Sedangkan di Balikpapan 5 kasus. BPN 171 Laki-laki (29) merupaka OTG Warga Jakarta Utara yang bekerja di lepas pantai Balikpapan. BPN 172 Laki-laki (43) merupakan OTG Warga Kepulauan Riau yang bekerja di lepas Pantai Balikpapan, dan merupakan rekan kerja BPN 171.

BPN 173 Laki-laki (43) merupakan OTG Warga Jawa Barat yang bekerja di lepas Pantai Balikpapan, dan merupakan rekan kerja BPN 171 dan BPN 172. BPN 174 Laki-laki (35) merupakan OTG Warga Jawa Barat yang berdomisili di Balikpapan.

Dan BPN 175 Laki-laki (45) merupakan OTG Warga Korea yang bekerja di Balikpapan dan mempunyai kontak erat -rekan kerja- BPN 145. Kasus-kasus tersebut disebutkan dirawat di RS Pertamina Balikpapan.

Untuk penambahan kasus yang dilakukan pemeriksaan laboratorium Covid-19 dengan hasil negatif sebanyak 310 kasus. Penajam Paser Utara (PPU) 5 kasus, Balikpapan 36 kasus, dan Samarinda 269 kasus.

“269 kasus merupakan kasus OTG yang dinyatakan negatif oleh Dinas Kesehatan Kota Samarinda, melalui hasil swab laboratorium rujukan Covid-19. Seluruh kasus berasal dari kegiatan swab massal Kota Samarinda,” terang Andi.

Sedangkan penambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 yang dilaporkan sembuh sebanyak 11 kasus. Kutai Barat 3 kasus, PPU 1 kasus, Bontang 1 kasus, dan Balikpapan 6 kasus.

Berita terkait : Positif 8 Sembuh 4, Kasus Covid-19 di Balikpapan

“Seluruh kasus tersebut dinyatakan sembuh, karena dari hasil laboratorium rujukan Covid-19 dinyatakan dua kali dengan hasil negatif,” jelas Andi.

Selai itu, hasil pemeriksaan klinis dari dokter penanggung jawab pelayanan yang merawat kasus konfirmasi Covid-19 tersebut menyatakan bahwa secara klinis memiliki kondisi sudah sangat baik, tidak ada gejala.

Dari catatan yang dikeluarkan Dinkes Kaltim, sampai hari ini secara keseluruhan jumlah kasus yang dinyatakan positif Covid-19 di Kaltim sebanyak 503 kasus, 375 sudah sembuh, 7 meninggal, dan 121 dalam perawatan. (DK.Com)

Penulis : LVL

(Visited 11 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!