Angka Kasus Positif Covid-19 di Kaltim Terus Meningkat

Didominasi Pelaku Perjalanan, Bertambah Lagi 17 Kasus

0 136

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Angka penderita Covid-19 yang dinyatakan positif di Kaltim terus menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan dalam 2 hari terakhir.

Merujuk pada informasi yang disampaikan Plt Kepala Dinas Kesehatan Kaltim Andi Muhammad Ishak dalam rilisnya saat menggelar jumpa pers melalui Zoom Meeting bersama sejumlah wartawan di Samarinda, hari ini tercatat 17 kasus yang dinyatakan positif. Sehari sebelumnya dilaporkan 9 kasus positif dari sejumlah kabupaten/kota di Kaltim.

Data Perkembangan kasus Konfirmasi, Sembuh, dan Meninggal per 25 Juni 2020. (sumber : Dinkes Kaltim)

17 kasus yang dilaporkan hari ini berasal dari Kutai Barat 1 kasus,  warga Kutai Barat pelaku perjalanan dari Palembang, Jakarta, dan Balikpapan yang akan kembali Kutai Barat. Kasus dirawat di tempat isolasi mandiri perusahaan.

Kutai Kartanegara 2 kasus,  merupakan kasus Orang Tanpa Gejala (OTG), warga Jakarta Timur yang akan kembali bekerja di Kutai Kartanegara. Kasus dirawat di RS Pertamina Balikpapan. KKR 68 Laki-laki (41) merupakan kasus OTG Warga Kutai Kartanegara  yang mengikuti pemeriksaan mandiri dari perusahaan, dan kontak erat sebagai rekan kerja BPN 151 dan BPN 152. Kasus dirawat di Wisma Atlet Kutai Kartanegara.

Kutai Timur 1 kasus, merupakan OTG Warga Sulawesi Barat yang akan kembali ke Sulawesi Barat. Kasus dirawat di RSUD Kudungga Sangatta.

Balikpapan 13 kasus. BPN 144 Laki-laki (42) OTG warga Balikpapan yang akan Kembali bekerja ke Paser, kasus dirawat di RS Pertamina Balikpapan. BPN 145 Laki-laki (38) OTG warga Bontang yang tinggal di Balikpapan, kasus merupakan kontak erat (rekan kerja) BPN 124 dan dirawat di RS Pertamina.

BPN 146 Laki-laki (33) OTG warga Jawa Barat, BPN 147 Laki-laki (32) OTG warga Jawa Tengah, BPN 148 Laki-laki (21) OTG warga Aceh, dan BPN 149 Laki-laki (45) OTG warga Bontang. Semuanya bermukim di Balikpapan. Kasus-kasus tersebut merupakan kontak erat, rekan satu lingkungan tempat tinggal BPN 114.

Kemudian BPN 150 Laki-laki (35) OTG Warga Jawa Tengah, BPN 151 Laki-laki (38) OTG Warga Banten, dan BPN 152 Laki-laki (53) OTG Warga Jawa Barat. BPN 153 Laki-laki (25) OTG Warga Jawa Tengah, semuanya akan bekerja di Balikpapan dan untuk 2 terakhir merupakan rekan serombongan dengan BPN 151.

“Semua kasus dirawat di RS Pertamina Balikpapan,” sebut Andi.

Untuk kasus BPN 154 Laki-laki (32) dan BPN 155 Laki-laki (25) OTG warga Balikpapan yang melakukan pemeriksaan mandiri Covid-19 sebelum kembali bekerja. Kasus dirawat di RSUD Kanudjoso Djatiwibowo.

Sedangkan kasus BPN 156, Laki-laki (38) OTG Warga Balikpapan pelaku perjalanan dari Kalimantan Utara. Kasus dirawat di RS Pertamina Balikpapan.

Untuk penambahan kasus yang dilakukan pemeriksaan laboratorium Covid-19 dengan hasil negatif sebanyak 4 kasus, semuanya berasal dari Balikpapan.

Selanjutnya, Andi menyampaikan penambahan kasus terkonfirmasi Covid-19 yang dilaporkan sembuh sebanyak 20 kasus.  Di Paser 4 kasus, di Balikpapan 13 kasus dimana 12 di antaranya dirawat di RS Pertamina Balikpapan, selebihnya dirawat di RSUD Beriman Balikpapan.

Kasus lainnya yang dinyatakan sembuh berasal dari Penajam Paser Utara (PPU) 1 kasus, Kutai Timur 1 kasus, dan Samarinda 1 kasus.

“Seluruh kasus tersebut dinyatakan sembuh karena dari hasil laboratorium rujukan Covid-19 dinyatakan dua kali dengan hasil negatif,” ungkap Andi.

Selain itu, hasil pemeriksaan klinis dari dokter penanggung jawab pelayanan yang merawat kasus konfirmasi Covid-19 tersebut menyatakan bahwa secara klinis memiliki kondisi sudah sangat baik, tidak ada gejala.

Hingga saat ini tercatat 473 kasus Covid-19 yang dinyatakan positif di Kaltim, 354 telah sembuh, 6 meninggal, dan 113 dalam perawatan. (DK.Com)

Penulis : LVL

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!