Audit BPK Akan Dilakukan Secara Online, BPKAD Bontang Mengaku Siap

0 78

DETAKKaltim.Com, BONTANG : Pemeriksaan terperinci atau audit BPK akan dilakukan secara online melalui video conference. Mengenai hal tersebut, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bontang mengaku siap dengan sistem yang digunakan BPK, dalam hal audit di tengah masa darurat penyebaran wabah Covid-19.

Kepala BPKAD Bontang Amiluddin mengatakan, kegiatan video conference yang digelar BPK pada Rabu (15/4/2020) merupakan wawancara ke setiap daerah terkait persiapan daerah kabupaten/kota dalam hal pemeriksaan terperinci yang akan digelar BPK.

“Wawancara ini merupakan leading sector-nya di Inspektorat Kota Bontang, kami hanya menyiapkan data yang dibutuhkan saja,” jelas Amiluddin di Command Center Bontang, Rabu (15/4/2020).

Kata dia, BPK akan melanjutkan audit secara terinci setelah sebelumnya dilakukan audit awal pada Februari lalu. Pemeriksaanpun, dimulai sejak Rabu 15 April 2020 hingga 21 April 2020 melalui video conference. Jika BPK membutuhkan data yang akan diperiksa, maka BPKAD Bontang siap mengirimkannya dalam bentuk apapun.

“Kalau diminta soft file, maka kami akan kirim melalui email. Tapi jika butuh dalam bentuk hard copy maka akan kami kirimkan langsung melalui kurir, tergantung situasi,” ujarnya.

Soal kunjungan lapangan, Amiluddin belum bisa memastikan, namun ia meyakini tentu pasti akan ada kunjungan lapangan oleh BPK. Pemeriksaan, lanjut Amiluddin dilakukan setiap hari. Namun pihaknya akan siap siaga jika BPK butuh berdialog.

“Kami berharap apa yang disajikan dapat memenuhi syarat sesuai sistem akuntansi pemerintahan dan Bontang tetap meraih Wajar Tanpa Pengecualian (WTP),” tandasnya. (DK.Com)

Penulis : Cinhue

Editor   : Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!