Angkatan III, Gubernur Lepas 50 Pelajar Kaltim ke Rusia

0 56

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Untuk ketiga kalinya melalui beasiswa Kaltim Cemerlang, Pemprov Kaltim memberangkatkan pelajar Kaltim yang lolos seleksi untuk studi Perkeretaapian ke Negara  Rusia.

Pelepasan 50 pelajar lulusan dari berbagai sekolah di Kaltim, digelar bersamaan dengan peringatan Hari Guru dan HUT PGRI Ke-71 di GOR Sempaja Samarinda, oleh Gubernur Awang Farouk, Selasa (22/11/2016) .

Para pelajar tersebut menjadi angkatan III yang akan menyusul 100 pelajar lainnya asal Kaltim, yang  telah lebih dahulu berangkat studi Perkeretaapian di Rusia.

Dalam sambutannnya, Gubernur Awang Farouk mengapresiasi para pelajar tersebut, yang  menurutnya telah berkerja keras untuk mengambil pendidikan Bahasa Rusia.

“Dari pengalaman angkatan sebelumnya, maka hampir semua pelajar perekeretaapian tersebut  dapat mengikuti studi dengan baik,” pujinya.

Sehingga  Pemerintah Provinsi Kaltim menurut Awang, akan tetap  bekerja sama dengan Russian Railways melalui PT Kereta Api Borneo, tidak berubah akan memberikan beasiswa studi Perkeretaapian.

“Pesan saya belajar baik- baik, fokuskan perhatian untuk belajar menambah pengetahuan, dan nanti sekembali dari Rusia maka kalian akan langsung bekerja di Perkeretaapian di Kaltim,” sebutnya.

Saat ini Kaltim sedang melaksanakan proyek pembangunan rel Kereta Api dengan dua jalur rel, yakni jalur utara dan jalur selatan. Untuk jalur utara adalah dari daerah Tabang hingga Maloy Kutim, sedangkan untuk jalur selatan dari Panajam Pasir Utara hingga ke Kutai Barat dan lanjut ke daerah Murung Raya Kalimangan Tengah.

“Yang mana  Insya Allah tanggal 1 Desember  2016, akan dimulai pembangunannya di kawasan ekonomi khusus Maloy, Kutim,” terang Awang.

Pembangunan proyek lintasan Kereta Api ini,  ditargetkan selesai pada tahun 2020, bertepatan dengan selesainya masa pendidikan pelajar Kaltim, yang akan studi S-1  hingga  S-2 , dengan masa studi  selama  6  tahun, sehingga usai studi  bisa langsung ditempatkan. (*MY).

(Visited 9 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!