Anggota Legislatif Kaltim Gelar Sosper Bantuan Hukum di Tenggarong

Elly Hartati : Ada Bantuan Hukum Gratis

0 121

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim Elly Hartati Rasyid menggelar kegiatan Sosialisasi Perda (Sosper) bantuan hukum di Tenggarong, Kukar, yang dihadiri sekitar 150 warga, Jum’at (26/3/2021).

Elly Hartati mengatakan, Sosper Kedua ini yakni penyelenggaraan bantuan hukum dari pemerintah daerah ke warga yang terkena kasus hukum.

“Antusiasme peserta sangat interaktif, mereka banyak bertanya dan menyampaikan persoalan-persoalan, termasuk penguasaan lahan oleh perusahaan. Kemudian oknum Polisi yang bertindak semena-mena, jadi lebih ke penyadaran partisipasi hukum bahwa kita punya hak-hak hukum,” ungkap Elly.

Elly juga membekali warga pengetahuan bahwa ada pendampingan hukum secara gratis, apabila ada masyarakat yang bermasalah kemudian tidak punya biaya atau dikategorikan miskin.

“Sebagian besar penduduk kita yang awalnya takut berurusan dengan hukum karena biaya, sekarang tidak takut lagi karena ada perlindungan hukum juga dari Pemerintah Provinsi. Bahwa ini ada bantuan gratis, apalagi dengan ancaman penjara 5 tahun ke atas, itukan wajib diberi bantuan pengacara,” jelas Elly.

Dalam acara Sosper tersebut, turut hadir beberapa komunitas dan warga seluruh elemen masyarakat, ada yang dari Muara Kaman, namun kebanyakan dari Tenggarong, hampir perwakilan dari seluruh Desa hadir.

Baca juga : Harapan Legislator Kaltim Perda PKK Mampu Tekan Angka KDRT

Johansyah, Akademisi Unikarta Tenggarong menambahkan, Sosialisasi Perda tentang penyelenggaraan bantuan hukum sudah diterbitkan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur tahun 2019.

Namun perlu disosialisasikan secara baik kepada masyarakat, karena selama ini banyak aturan atau Undang-Undang yang sudah dibuat oleh pemerintah tidak terealisasikan dengan baik dimasyarakat.

“Jadi melalui Bu Elly sudah mulai menggerakkan kegiatan tersebut, khususnya di Tenggarong. Masalah tepat sasaran itu relatif tapi ini sudah mulai ada jalan mensosialisasikan, memang belum secara keseluruhan tapi ini langkah awal,” kata dia. (DK.Com)

Penulis : Zaki

Editor  : Lukman

(Visited 5 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!