Anggota DPRD Kaltim Tanggapi Wacana Palaran Sebagai Kota Satelit

Nanda:  Pasti Ada Kaitannya dengan IKN

0 172

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Pencanangan Palaran menjadi kota satelit atau kota baru yang modern mendapatkan tanggapan positif dari Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Republik Indonesia.

Melihat hal ini, anggota Komisi 4 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim Ananda Emira Moeis meminta pemerintahan terkait, untuk mengkaji secara mendalam usulan tersebut sebelum benar-benar terealisasi.

“Rencana pemekaran ini harus melewati kajian-kajian mendalam. Pastinya, ada syarat-syarat yang harus dipenuhi jika ingin pemekaran itu terjadi kan,” kata Nanda, sapaan karib Ananda, Kamis (9/2/2023).

Anggota DPRD Kaltim Daerah Pemilihan Kota Samarinda itu menjabarkan, kajian mendalam yang perlu dilakukan meliputi dampak dan keuntungan pemekaran wilayah Kota Palaran. Termasuk juga di dalamnya perhitungan untung dan rugi, atas seluruh dampak pembangunan.

“Kita minta agar lebih memperhatikan untung ruginya, setelah dan sebelum adanya kota baru modern ini. Segala hal yang diusulkan atau apapun rencana pemerintah, tentu harus melewati beberapa tahapan. Sehingga, langkah yang diambil benar-benar tepat untuk daerah tersebut,” urainya.

Baca Juga:

Selaku Kota Penyangga Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kota Samarinda diharapkannya terus bersiap, atas segala kemungkinan yang akan terjadi. Terlebih, Bappenas telah memberikan tanggapan positif terkait hal tersebut.

“Bappenas kalau sudah melirik seperti itu, pasti ada kaitannya dengan IKN. Jadi harus siap-siap memang. Mekar tidak mekar, kita harus bersiap-siap. Mulai dari segi pemerintahan administrasinya seperti apa,” ungkapnya.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan itu menegaskan, pemekaran Palaran harus bersiap dari segala aspek. Baik dari segi pendapatan, hingga kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

“Segi pendapatan dan kualitas sumber daya manusianya di sana, itu harus dipastikan. Semua harus diperbaiki, agar ke depannya semakin baik.” tandasnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Lisa/Adv.DPRD Kaltim

Editor   : Lukman

(Visited 18 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!