Amankan Suara Pemilu 2024, BSPN PDI Perjuangan Latih Pelatih Saksi

Syahrul: Persiapan Kita Sudah Sangat Matang

0 68

DETAKKaltim.Com, KUTAI KARTANEGARA : Menyongsong pesta demokrasi Pemilus 2024, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kaltim terus melalukan persiapan. Salah satunya melalui Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) PDIP, yang menggelar Pelatihan Pelatih Saksi Daerah (PPSD).

PPSD ini disiapkan menjadi pelatih saksi TPS (Tempat Pemungutan Suara) pada Pemilu 2024. Kegiatan kali ini digelar di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Ahmad Syahrul, Kepala BSPN Daerah Kalimantan Timur mengatakan, pelatihan ini berlangsung selama dua hari. Mulai 4-5 Februari 2023 yang diikuti 20 Kecamatan, dengan masing-masing 4 orang perwakilan.

“Ini adalah bagian dari tindak lanjut kerja-kerja BSPN dalam rangka bagaimana mencetak kader-kader pelatih saksi, yang memiliki militansi dan kapasitas yang mumpuni yang nantinya akan bertugas melatih saksi TPS di seluruh Kutai Kartanegara,” kata Syahrul, Minggu (5/2/2023).

Selain itu, lanjutnya, peserta yang mengikuti pelatihan ini rencananya akan ditugaskan juga sebagai saksi pada saat rekapitulasi penghitungan di tingkat Kecamatan atau PPK nanti.

“Persiapan kita sudah sangat matang, dalam rangka bagaimana mengawal tahapan yang memang sudah diatur dalam PKPU Nomor 3 Tahun 2022,” jelas Syahrul.

Diketahui bersama, masih kata Syahrul, tahapan Pemilu sudah masuk pada tahapan pemutakhiran daftar pemilih. Diharapkan tahapan ini mampu terkawal oleh BSPN, sampai penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Total keseluruhan peserta dihadiri 80 peserta dari tingkat PAC Kecamatan se-Kabupaten Kutai Kartanegara, kemudian dari unsur BSPN cabang ada 20 orang peserta,” ungkap Syahrul.

Kepala BSPN Cabang Kukar Arie Wardana menambahkan, persiapan ini memang instruksi langsung dari Provinsi sampai tingkat Kabupaten. Dan pihaknya bertugas mengawal setiap mekanisme tahapan.

“Ini sebelumnya telah dilakukan juga yaitu di Samarinda, dilanjutkan gelombang Kedua di Kukar,” ungkap Arie.

Baca Juga :

Kukar sekarang menargetkan ada 100 peserta sebagai calon Pelatih Saksi Daerah. Nanti distribusi dari pelatihan ini akan menjadi pelatih di setiap Kecamatan, agar outputnya memberikan dampak baik untuk saksi di setiap TPS di Kecamatan.

Diakui Arie, di BSPN ialah orang muda. Namun dengan optimis, diharapkan bisa menopang ke depan lebih baik lagi.

“Apalagi Bupati dan Wakil Bupati Kukar sekarang berasal dari PDI Perjuangan. Target 2024 ini, tugas BSPN adalah mengawal dan mengamankan suara yang sudah diberikan masyarakat kepada kami Partai PDI Perjuangan.” tandas Arie.

PDI Perjuangan menargetkan kemenangan hattrik pada Pemilu 2024. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: LVL

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!