27 Perguruan Pencak Silat Ikuti Kejuaraan Bupati Cup 2016

0 157

DETAKKaltim.Com, TENGGARONG : Sebanyak 197 Pesilat dari 27 perguruan seluruh Kutai Kartanegara (Kukar), mengikuti kejuaraan Pencak Silat Bupati Cup 2016, yang digelar di Gedung Beda Diri Rondong Demang, Tenggarong, Kalimantan Timur.

Kejuaraan tersebut dibuka Wakil Ketua IV Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kukar, Agus Hamidiansyah, Rabu (1/6/2016) malam.

Agus memberikan apresiasi terhadap Pengkab Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kukar yang telah menyelenggarakan kejuaraan Pencak Silat, terlebih mengutamakan pada pembinaan usia dini dan remaja.

“Kami menyambut baik dan menghargai upaya IPSI, yang menyelenggarakan kejuaraan dengan tujuan mengutamakan pembinaan usia dini,” ujar Agus.

Menurut Agus, pola pembinaan atlet memang harus ditingkatkan lagi, baik secara kualitas maupun kuantitas.

Pada kesempatan itu, Agus juga berpesan agar Pengkab IPSI Kukar untuk mempertahankan predikat juara umum untuk Cabang Olahraga (Cabor) Pencak Silat pada Pekan Olah Raga Provinsi (Porprov) tahun 2018 mendatang di Kutim.

“Pertahankan juara umum Cabor Silat. Silat juga salah satu penyumbang medali terbanyak bagi Kukar di Porprov Samarinda lalu,” pungkasnya.

Sementara Ketua panitia penyelenggara Mahmudin mengatakan, kejuaraan itu digelar hingga 4 Juni 2016, dengan tingkatan usia dini atau setingkat SD, remaja setingkat SMP/SMA serta dewasa.

“Kejuaran ini juga sekaligus sebagai ajang seleksi Kejuaraan Daerah yang akan digelar di Samarinda dalam waktu dekat,” katanya.

Seain itu, kejuaraan ini untuk mempersiapkan bibit-bibit pelajar yang berbakat untuk diterjunkan di Pekan Olahraga Pelajar Provinsi (Porprov) pada tahun 2016 ini.

“Kita ingin mencari bibit potensial, khsusnya tingkat remaja, untuk disertakan dalam Porprov mendatang,” demikian ujarnya. (HA)

 

(Visited 2 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!