Camat Bengalon Apresiasi Bazar UMKM di Desa Sekerat

Suharman Berharap Bisa Digelar di Desa Tepian Baru

0 191

DETAKKaltim.Com, SANGATTA: Upaya untuk meningkatkan pendapatan dan perekonomian warga terus dimaksimalkan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Kutim), salah satu upayanya dengan menggelar Roadshow Bazar Promosi UMKM, di sejumlah Kecamatan.

Kegiatan ini melibatkan pelaku UMKM lokal untuk berkeliling menjumpai beberapa Desa. Salah satunya Desa Sekerat, Kecamatan Bengalon, yang dipercaya untuk melaksanakan bazar di sekitar Pantai Sekerat.

Kegiatan ini digawangi Dinas Koperasi dan UKM Kutim sebagai penyelenggara, bekerja sama dengan Genpro.

Bazar berlangsung selama 5 hari, sejak 25-29 April 2023. Bazar UMKM ini juga merupakan kegiatan kali kedua yang dilaksanakan di Kecamatan Bengalon, dimana sebelumnya telah digelar di Desa Sepaso sebagai lokasi pertama.

Camat Bengalon Suharman Cono menyambut hangat kegiatan roadshow bazar, yang berlokasi di wilayahnya. Menurutnya, acara ini sangat luar biasa. Mengingat hal ini berdampak baik bahkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat, serta untuk mengembangkan UMKM lokal yang ada di daerahnya.

“Bengalon memiliki geografis sangat luas. Untuk itu, kami berharap kegiatan yang sama juga bisa digelar di Desa Tepian Baru. Sebab, penduduknya cukup banyak dan berjumlah kurang lebih 10 ribu jiwa,” kata Suharman, Senin (24/4/2023).

Lebih lanjut ia menerangkan jika kegiatan tersebut sangat mengharapkan keterlibatan setiap Kades, supaya bisa mengadakan juga promosi hasil UMKM lokal.

“Dapat kita lihat bersama bahwa selama dua tahun belakangan ini, perkembangan di Desa Sekerat sangat luar biasa. Mulai dari infrastruktur jalan maupun jembatan, serta jumlah penduduknya yang meningkat secara signifikan,” beber Suharman.

Lebih lanjut Suharman mengatakan, yang sangat penting untuk mendukung pengembangan UMKM adalah pembangunan infrastruktur dasar, seperti pemenuhan kebutuhan listrik dan air.

“Kedua infrastruktur ini belum sampai di Desa Sekerat, makanya perlu kita dorong dan harus dikawal,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Suharman juga meminta kepada perusahaan sekitar, seperti PT PIK dan Kobexindo agar bisa membina UMKM yang ada di Desa Sekerat, terutama pembinaan Badan Usaha Milik Desa.

“Saya harap para Kades yang ada di Kecamatan Bengalon, bisa berkarya dan berinovasi.” pinta Suharman menandaskan. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: HB/Adv.Diskominfo Kutim

Editor: Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!