Muscab II PERADI Samarinda Tekankan Persatuan

Ibrahim : Single Bar is A Must

0 193

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Pengurus Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Perhimpunan Advokat Indonesia (PERADI), diwakili Anggota Bidang Organisasi Ibrahim Azis membuka Musyawarah Cabang (Muscab) II PERADI Samarinda di Hotel Mercure Samarinda, Sabtu (4/12/2021).

Kepada DETAKKaltim.Com, Ibrahim berharap sebagaimana harapan DPP DPN PERADI kegiatan ini bisa seperti mottonya Advokat Single Bar is A Must. Karena organisasi advokat itu, kata dia, pasnya memang single bar, bukan multi bar.

“Jadi advokat itu sebagaimana Undang-Undang memang harus bersatu, bagaimana Undang-Undang Advokat. Terlepas ada perpecahaan saat ini,” jelasnya usai membuka Muscab.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (PDC) PERADI Samarinda hasil Musyawarah Cabang Luar Biasa 2016-2021 Arifudin berharap, Muscab ini menghasilkan ketua yang bisa membawa PERADI bisa lebih bagus ke depan.

“Terutama yang kita harapkan sebenarnya adalah persatuan, artinya di antara kita harus bersatu, rukunlah. Karena bagaimanapun, persatuan itu akan memberikan kekuatan besar,” tegas Arifudin.

Apa lagi, sambungnya, organisasi advokat ini tujuan utamanya bisa bermamfaat bagi masyarakat. Khususnya bagi pencari keadilan, sehingga bisa memberikan layanan yang terbaik.

Dibandingkan saat mengawali kiprahnya dari Muscablub, anggota PERADI Samarinda disebutkannya sekitar 120 orang. Dalam perjalanannya ada sekitar 15 anggota telah meninggal dan saat ini, pada Muscab II terdaftar 248 orang yang diharapkannya memiliki kualitas yang sama.

Ia berharap semua anggota tersebut hadir dalam Muscab ini, tidak bisa menggunakan surat mandat. Karena menganut system one man vote (satu anggota satu suara) sebagaimana anggaran dasar, apa bila telah memenuhi kuorum 50% + 1 sudah bisa mengambil keputusan.

“Harus hadir mengisi daftar absen, dan bisa hadir sampai pemberian suara dilakukan,” jelasnya.

Syamsuddin, kandidat Ketua DPC PERADI Samarinda yang ditemui di arena Muscab mengatakan harapannya maju sebagai calon ketua, bisa memperbaiki PERADI ke depan.

“PERADI ini adalah orang-orang berprofesi yang dihormati orang banyak, seperti juga profesi lain yang harus dihormati. Oleh karena itu, kita menegakkan kejujuran, keprofesionalan, dalam mengurus PERADI dan menjadi anggota PERADI,” jelasnya.

Dalam programnya jika terpilih, sebut alumni S3 Fakultas Hukum Unhas Makassar ini, akan mengadakan pelatihan dan Bimtek baik kepada anggota PERADI maupun masyarakat umum untuk memberikan pemahaman hukum, termasuk ke perusahaan-perusahaan dan perbankan.

“Jadi dalam kehidupan bermasyarakatpun harus tahu hukum,” sebutnya.

Ditanya mengenai apakah siap kalah dan siap menang dalam pemilihan Ketua DPC PERADI Samarinda, Syamsuddin yang mengajar Ilmu Hukum di sejumlah Perguruan Tinggi di Samarinda mengakatakan kesiapannya.

“Apapun hasilnya, kita harus menghormati semunya,” jelasnya.

BERITA TERKAIT :

Di tempat yang sama, Sutrisno yang juga mencalonkan diri sebagai Ketua DPC PERADI Samarinda mengatakan motivasi maju, karena merasa terpanggil untuk melanjutkan estafet kepemimpinan ketua saat ini.

“Karena dukungan dan dorongan juga dari rekan-rekan sejawat yang banyak secara langsung by phone, WhatsApp menyampaikan kepada saya untuk maju dalam kontestasi pemilihan Ketua DPC PERADI Samarinda,” jelas Sutrisno.

Disinggung programnya jika terpilih, ia menyebutkan selain melanjutkan organisasinya juga akan ada penambahan program yang bermamfaat bagi anggota PERADI.

“Saya ingin PERADI Samarinda itu ke depan, hadir di tengah-tengah anggota. Jadi bukan hanya sebatas seremonial saja, setiap 5 tahun sekali. Tapi setiap saat jika ada keluh kesah dari anggota, DPC PERADI Samarinda di bawah kepemimpinan saya harus hadir,” bebernya.

Selain itu, menghadapi era digitalisasi ia juga akan membuat website khsusus PERADI Samarinda yang akan memuat portal-portal hukum, yang akan meng-update kepada para pencari keadilan. Menurutnya, 248 anggota PERADI Samarinda merupakan potensi yang sangat luar biasa.

Selain itu, ia juga memiliki program untuk membangun Sekretariat PERADI Samarinda secara permanen, selain itu juga akan membuat kantor secara virtual bagi yang belum memiliki kantor secara permanen.

Terkait komitmen siap kalah siap menang, iapun menegaskan siap kalah siap menang.

“Saya siap lahir dan bathin,” sebutnya.

Terkait pelaksanaan Muscab PERADI hari ini, Ketua Panitia Aji Dendy menjawab pertanyaan awak media mengatakan harapannya bisa berjalan lancar dan sukses sehingga bisa selesai hari ini.

“Harapan kami, inilah yang dapat kami persembahkan untuk DPC PERADI Samarinda. Semoga sukses, dan semoga PERADI jaya.” tandasnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : LVL

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!