Legislator Balikpapan Minta Hidupkan Ronda Malam

Asep Ingin Antisipasi Kejahatan

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN: Tindak kejahatan di Kota Balikpapan semakin meningkat, warga masyarakat harus lebih berhati-hati kala meninggalkan rumah dalam keadaan kosong.

Beberapa hari yang lalu telah terjadi perampokan di salah satu minimarket Alfamidi, yang berlokasi di Perumahan Batuah, Balikpapan Utara.

Asep Sapturi, anggota DPRD Kota Balikpapan mengungkapkan. Kejadian perampokan ini seperti yang kita ketahui, pelaku membawa senjata tajam, artinya tindakan ini sudah sangat membahayakan keselamatan bagi orang lain.

Terlepas dari semua itu, Asep menghimbau agar warga masyarakat untuk lebih berhati-hati dan waspada. Karena tindak kejahatan itu diawali dengan adanya kesempatan, dari kesempatan itulah si pelaku mulai bereaksi.

Tindakan apa yang harus dilakukan warga agar terhindar dari tindak kejahatan perampokan dan pencurian, di rumah warga yang kebetulan keadaan kosong. Asep menekankan kepada warga agar dihidupkan kembali yang namanya Pos Kamling, ronda jaga malam. Agar siapapun yang ingin melakukan tindak kejahatan berkurang.

“Namun jika warga merasa keberatan dengan dilakukan sistem jaga malam bergantian, ada alternatif lain dengan membayar orang lain untuk jaga malam. Dari mana gajinya, tentu diambil dari dana kas iuran warga,” jelas Asep, Kamis (19/10/2023).

Baca Juga:

Masih kata Asep, zaman sekarang sudah semakin canggih. Sekarang sudah ada yang namanya CCTV, dimana kita bisa memantau dari jarak jauh lewat Handphone.

Menurutnya, hal ini tidak dipungkiri. Kota Balikpapan banyak sekali pendatang yang masuk, dengan adanya pemindahan Ibu Kota Negara. Tentunya ini berdampak pada keamanan Kota Balikpapan.

Apalagi saat ini, lanjut Asep, untuk pendatang tidak mempunyai peraturan yang ketat, seperti tahun sebelumnya. Apabila pendatang ke Balikpapan selama enam bulan tidak mempunyai KTP Balikpapan, maka kembali ke daerah asal.

“Ketentuan ini tidak ada, semakin longgar,” terangnya.

Untuk itu, lanjutnya, peran Ketua RT sangat diperlukan. Karena Ketua RT ujung tombak di lingkungan masing-masing, sehingga dapat mengontrol warganya. (DETAKKaltim.Com/ADV/DPRD Balikpapan)

Penulis: Jamil/Roni S

Editor: Lukman

(Visited 81 times, 1 visits today)
Asep DPRDRonda Malam
Comments (0)
Add Comment