Pilgub Kaltim, Rekapitulasi Perhitungan Suara Kini di KPU Kabupaten/Kota  

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Proses rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilgub Kaltim sudah sampai di tingkat KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kabupaten/Kota.

“Alhamdulillah, dari monitoring kami semua berjalan lancar,” ujar Komisioner KPU Kaltim, Rudiansyah di Kantor KPU Kaltim, Rabu (4/7/2018).

Sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan, mulai hari Rabu (4/7/2018), ada 4 daerah yang mulai melaksanakan rekapitulasi, masing-masing Kabupaten Paser, Kutai Timur, Penajam Paser Utara dan Kota Balikpapan. Kemudian menyusul Kamis (5/7/2018) 5 daerah lagi, yakni Kabupaten Mahakam Ulu, Berau, Kutai Barat, Kota Samarinda, Bontang. Sedangkan pada tanggal 6 Juli 2018, dijadwalkan KPU Kabupaten Kutai Kartanegara melaksanakan rekapitulasi.

Menurut Rudiansyah, berdasarkan Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2018 Tentang Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara, dan Peraturan KPU Nomor 2 tahun 2018 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018, maka Rekapitulasi di tingkat PPK (Kecamatan) pada tanggal 28 Juli sampai 4 Juli, Rekapitulasi di tingkat KPU Kabupaten / Kota pada tanggal 4 sampai 6 Juli dan Rekapitulasi di tingkat KPU Provinsi adalah pada tanggal 7 sampai 9 Juli 2018.

Kegiatan Rekapitulasi di tingkat Kabupaten/Kota, kata Rudiansyah, yang ditugaskan sebagai supervisi yang membidangi Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Pemilu, merupakan proses menjumlah seluruh hasil rekapitulasi setiap PPK/Kecamatan. Perinciannya meliputi Jumlah Daftar Pemilih, Jumlah Pengguna Hak Pilih, Jumlah Pemilih Pindahan, Jumlah Pemilih Tambahan lengkap dengan rincian Laki-laki dan perempuan.

Kemudian merekap jumlah surat suara yang diterima, jumlah surat suara yang digunakan, jumlah surat suara rusak/keliru coblos. Dilanjutkan dengan merekap jumlah suara sah dan suara tidak sah. Kemudian merekap perolehan suara setiap pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2018.

“Berdasarkan hasil monitoring yang dilakukan oleh KPU Provinsi Kalimantan Timur, sebagian besar proses yang dilaksanakan hari ini berjalan dengan lancar sesuai prosedur dan ketentuan peraturan,” imbuhnya.

Dalam monitoring KPU Kaltim di KPU Kutai Timur hari ini, kegiatan rekapitulasi dihadiri oleh Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Kutai Timur, Ketua dan Anggota Panwas Kabupaten, Ketua dan Anggota PPK seluruh Kabupaten Kutai Timur dan seluruh saksi pasangan calon.

Rekapitulasi berlangsung di di Hotel Royal Victoria Sangatta sejak Pukul 09:00 sampai 14:50 Wita. Diawali dari PPK Batu Ampar dan diakhiri oleh PPK Karangan. Usai itu, Ketua KPU Kabupaten Kutai Timur Fahmi Idris akan langsung mengantarkan hasil rekapitulasi hari ini kepada KPU Provinsi Kalimantan Timur bersama Ketua Panwas Kabupaten Kutai Timur Andi Yusri dan dikawal Polres Kutai Timur.

Hasil Rekapitulasi di tingkat Kabupaten/Kota inilah yang akan menjadi dasar resmi dalam proses Rakpitulasi Hasil Penghitungan Suara di tingkat Provinsi Kalimantan Timur, yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 8 Juli 2018 dengan mengundang Bawaslu Provinsi Kalimantan Timur, seluruh Saksi Pasangan Calon, dan pihak-pihak terkait, untuk kemudian menetapkan perolehan suara setiap pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Timur pada Pilgub tahun 2018.

“Harapannya, untuk semua proses rekap di Kabupaten/Kota lainnya dapat berjalan dengan lancar dan procedural,” kata Rudiansyah.

Selesainya rekapitulasi di tingkat Kabupaten/Kota, menurut Rudiansyah, maka KPU Kabupaten/Kota dapat langsung mengirimkan hasilnya kepada KPU Provinsi Kalimantan Timur dengan memasukkan dokumen hasil dalam kotak suara yang terkunci dan tersegel.

“Dengan inilah kami sampaikan kepada masyarakat umum agar bersabar menunggu proses dan hasil ini sesuai dengan tahapan dan jadwal yang resmi dan prosedural. Kami berterimakasih kepada seluruh pihak, khususnya Polri dan TNI, Bawaslu dan Panwaslu, para pasangan calon yang dapat mampu menciptakan suasana dan kondisi yang hingga saat ini kita masih aman dan damai, semoga suasana ini terjaga hingga akhir tahapan,” tandasnya. (***/LVL)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Perhitungan SuaraPilgub PaslonRekapitulasi KPUD
Comments (0)
Add Comment