Songsong Pilkada, KPU Kota Balikpapan Petakan Wilayah TPS

Yudho: Seluruh Anggota PPK Ditugaskan

0 35

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN: Pelantikan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di 6 kecamatan Kota Balikpapan untuk pemilihan Kepala Daerah telah dilaksanakan beberapa waktu lalu dengan sukses dan lancar.

Namun, masih banyak tahapan yang harus dilalui, termasuk pembentukan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di setiap Kelurahan sekota Balikpapan.

Ketua Komisioner KPU Kota Balikpapan Prakoso Yudho Lelono mengatakan, dengan kesiapan yang sudah berjalan, tugas PPK adalah membantu pelaksanaan teknis di Kecamatan.

Pada Selasa, 21 Mei 2024, Yudho menjelaskan bahwa dari tanggal 21 hingga 23 Mei telah dilakukan pemetaan di setiap RT di 6 Kecamatan. Seluruh anggota PPK ditugaskan untuk turun langsung melakukan pengelompokan RT, menjadi satu wilayah TPS.

“Untuk setiap TPS, ditargetkan maksimal 600 Daftar Pemilih Tetap (DPT), sesuai hasil Rapat Koordinasi di Hotel Platinum beberapa waktu lalu setelah pelantikan PPK,” jelas Yudho, Selasa (21/5/2024).

Baca Juga:

Dari hasil pemetaan dan pengelompokan oleh PPK, KPU akan melakukan pengecekan data berdasarkan data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

Proses pemutakhiran data akan dilaksanakan dari 31 Mei hingga 23 September. Setelah pembentukan PPK, tahapan selanjutnya adalah pembentukan PPS di setiap Kelurahan dan dilanjutkan dengan Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

Yudho menekankan pentingnya peran PPK dalam membantu KPU, untuk memastikan seluruh proses pemilihan berjalan lancar dan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Tahapan ini krusial untuk memastikan setiap warga yang memenuhi syarat, dapat terdaftar dan menggunakan hak pilihnya pada Pilkada mendatang.

Dengan langkah-langkah yang terstruktur dan melibatkan berbagai pihak, KPU Kota Balikpapan berupaya memastikan Pemilu berjalan dengan transparan dan akurat. Proses yang teliti ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi pemilih, dan kepercayaan publik terhadap hasil pemilihan.

Pemutakhiran data yang akurat dan pembentukan struktur panitia pemilihan di setiap tingkat, diharapkan mampu menciptakan kondisi pemilihan yang adil dan efektif di Kota Balikpapan. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: Roni

Editor: Lukman

(Visited 33 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!