Inovasi Camat Loa Janan, Prakarsai Posyandu Wisata

Hery: Kami Lakukan Intervensi

0 88

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Posyandu sebagai strategi menurunkan angka kematian Ibu dan anak, dapat ditingkatkan kunjungannya dengan mengubahnya menjadi tidak hanya pusat layanan kesehatan.

Dalam artian, menambahkan suatu fungsi Posyandu sebagai sarana hiburan atau rekreasi bagi keluarga. Pendekatan ini bertujuan untuk meningkatkan minat masyarakat, dalam partisipasi kegiatan kesehatan di Posyandu.

Untuk itu, Kecamatan Loa Janan memiliki inovasi bertajuk Posyandu Wisata, sebagai inovasi untuk menurunkan angka stunting dan meningkatkan derajat kesehatan di setiap Desa.

“Inovasinya kita juga ada Posyandu wisata, untuk meningkatkan angka kunjungan di Posyandu,” jelas Camat Loa Janan Hery Rusnadi, usai Pembukaan Pelatihan dan Sertifikasi GCIO di Hotel Mercure Samarinda, Rabu (8/11/2023).

Lanjutnya, dalam merealisasikan inovasi tersebut, Kecamatan Loa Janan akan merayakan bersama-sama, secara terpadu, dalam artian bukan hanya Puskesmas yang hadir, melainkan juga Tim Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) hingga perusahaan.

“Kita rayakan bersama itu, kita terpadu, bukan hanya Puskesmas, PKK hadir hingga perusahaan, jadi paling tidak ini diharapkan berjalan di 3 Puskesmas itu,” bebernya.

Baca Juga:

Konsep Posyandu Wisata menggabungkan inovasi seperti timbangan model, perayaan ulang tahun bersama, penyuluhan kesehatan dengan media, area bermain anak, dan wisuda Balita untuk menjadikan Posyandu lebih menarik dan edukatif, melibatkan masyarakat dalam upaya peningkatan kesehatan anak dan ibu.

Untuk mendukung inovasi tersebut, Kecamatan Loa Janan diakui Hery, akan melakukan intervensi, sehingga terdapat keberlangsungan yang dapat terjaga di Posyandu Wisata.

“Kami mendukung itu, oleh karenanya akan kami lakukan intervensi, sehingag ada kebelangsungan yang bisa terjaga di Posyandu Wisata. Mereka menggagas, jadi untuk keberlangsungan kami intervensi dari Kecamatan.” tandas Hery optimis dengan terbosoannya tersebut. (DETAKKaltim.Com/ADV/Diskominfo Kukar)

Penulis: Lisa

Editor: Lukman

(Visited 79 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!