74 Pemdes Kukar Ikuti Pelatihan Evaluasi dan Verifikasi APBDesa

Riyandi: Perlu Adanya Peningkatan Kapasitas

0 97

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Kabid Kelembagaan Pemberdayaan Masyarakat dan Lembaga Adat BPMDes Kutai Kartanegara (Kukar) Riyandi Elvandar, sekaligus sebagai ketua pelaksana Pelatihan Tim Evaluasi APBDesa dan APBDesa Perubahan, Verifikasi Pertangggungjawaban Desa, sampaikan beberapa hal terkait urgensi kegiatan.

Ia mengakui, pihaknya seringkali menemukan keterlambatan penetapan APBDesa. Kemudian terkait kualitas isi APBDes dan APBDes Perubahan, yang berdampak pada beragamnya pemahaman dan persepsi terkait APBDes dan APBDes Perubahan.

“Kami merasa perlu adanya peningkatan kapasitas tim evaluasi ABPDesa dan verifikasi pertanggung jawaban Desa,” jelasnya kepada seluruh peserta di Hotel Fugo Samarinda Lantai 3, mulai dari 23-27 Oktober 2023.

Baca Juga:

Pelatihan ini, lanjut dia, diikuti oleh 74 peserta terdiri dari, Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Pendekar Idaman (2), Sekretaris Kecamatan (18), Kasi PMD (18), Pendamping Desa Pendekar Idaman (18), hingga Pendamping Desa P3MD (18).

“Kegiatan ini akan dilakukan dengan metode seperti diskusi, kemudian intinya nanti kita menghadirkan para gugus tugas untuk menjadi narasumber,” bebernya.

Pembahasan dalam pelatihan akan dimulai dari tahapan Perencanaan Desa, dimana menurutnya hingga saat ini belum terdapat pedoman atau acuan, dalam melakukan verifikasi di Pemerintah Desa (Pemdes).

Dengan itu. besar harapannya agar penyelenggaraan pelatihan ini berdampak baik bagi sistem penyelenggaraan Pemdes. (DETAKKaltim.Com/ADV/Diskominfo Kukar)

Penulis: Lisa

Editor: Lukman

(Visited 91 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!