Pola Kerja Sama Bantul-Jogja Disorot Sekda Kukar

Sunggono: Bisa Saja Dikerjasamakan

0 112

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Berbicara tentang kerja sama antar daerah maupun luar negeri, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kutai Kartanegara Sunggono ungkapkan satu hal menarik.

Dimana kerja sama ini terjalin antara Kabupaten Bantul dan Daerah Istimewa Yogyakarta (Jogja), dalam hal pembangunan jalan yang berhimpitan.

“Di daerah itu jalan-jalan yang berhimpitan antara Kabupaten/Kota dan yang lain, hampir semuanya dibangun dengan pola kerja sama,” ujarnya dalam FGD Penguatan Tugas dan Fungsi TKKSD di Hotel Mercure Samarinda, Jum’at (20/10/2023).

Hal ini menurutnya sama saja dengan kerja sama yang dilakukan oleh Kabupaten Kutai Kartanegara, dan Kota Samarinda.

“Etam (Kukar) banyak pitis (uang) jadi dibangun sendiri, padahal sebagian jalur itu wilayah Samarinda. Kalau di Jawa itu sama-sama, berapa jumlah yang dibutuhkan untuk dikerjasamakan, maka biayanya dibagi belah semangka bahasanya,” jelas Sunggono.

Terlepas dari pada hal tersebut, ia mengingatkan bahwa periode kepemimpinan yang akan datang tidaklah sama seperti yang telah berlaku sebelumnya.

“Kepemimpinan seorang Kepala Daerah saat ini berlangsung selama 3 tahun 8 bulan, dan masa jabatan seorang Pak Bupati akan berakhir pada bulan Oktober 2024,” bebernya.

Baca Juga:

Dengan demikian, ini menjadi suatu panggilan penting bagi kita semua untuk meningkatkan percepatan dalam menghadapi situasi yang ada, termasuk dalam meningkatkan upaya kerja sama melalui forum FGD.

“Forum FGD ini menjadi penguatan tugas dan fungsi OPD, agar bisa dilaksanakan sebaik-baiknya sekaligus upaya akselerasi. Jadi maksudnya kalau hari ini misalnya ada masukan atau informasi terhadap OPD, kalau ada yang belum terpenuhi bisa saja dikerjasamakan,” ujarnya.

Ia berpesan agar seluruh OPD dapat menjadikan FGD sebagai wadah saling memberikan masukan, mengkritisi dari apa yang telah dilaksanakan selama ini.

“Dari situ saya yakin kita akan saling menguatkan satu sama lain. Saya juga yakin bahwa ini adalah hal terbaru yang saya dapatkan, karena sebelumnya belum pernah ada kegiatan seperti ini.” tutupnya. (DETAKKaltim.Com/ADV/Diskominfo Kukar)

Penulis: Lisa

Editor: Lukman

(Visited 110 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!