KPPU Sosialisasikan Peran Pengawasan di Kaltara

Andriyanto: Pengawasan Ini Penting

0 75

DETAKKaltim.Com, BULUNGAN: Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) melakukan sosialisasi dengan tema Peran KPPU dalam Membangun Budaya Persaingan Usaha Sehat di Provinsi Kalimantan Utara, Kamis (24/8/2023).

Hadir sebagai Keynote Speaker Anggota DPR RI Komisi 4 Deddy Yevri Hanteru Sitorus, Kepala Kantor Wilayah V KPPU Kalimantan FY Andriyanto, serta narasumber Kepala Bidang Penegakan Hukum Kanwil V KPPU Yunan Andika Putra, Kadin Provinsi Kaltara dengan peserta pelaku usaha yang berdomisili di wilayah Tanjung Selor.

Dalam sambutannya Andriyanto menyampaikan, acara ini merupakan bentuk kolaborasi antara Komisi 4 DPR dan KPPU, yang bertujuan untuk menyebarluaskan peran KPPU dalam menjaga ekosistem persaingan usaha yang sehat.

Selain itu, KPPU juga berwenang untuk mengawasi kemitraan antara usaha besar dengan Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

“Pengawasan ini penting, karena UKM memiliki peran strategis dalam pertumbuhan ekonomi negara kita,” kata Andriyanto.

Baca Juga:

Kantor Wilayah V KPPU yang wilayah kerjanya meliputi seluruh Pulau Kalimantan, salah satu tugasnya adalah menyebarkan kepada masyarakat pemahaman tentang peran dan fungsi KPPU dalam menjaga kelancaran persaingan usaha di Indonesia.

KPPU, sebagai lembaga independen yang memiliki mandat pengawasan persaingan usaha, memiliki tanggung jawab besar dalam memastikan persaingan usaha berlangsung dalam lingkungan yang sehat dan kompetitif.

Melalui langkah-langkah pencegahan dan penindakan yang cermat, KPPU berkomitmen untuk mencegah praktik-praktik yang dapat merugikan pelaku usaha baik usaha besar dan UMKM/koperasi.

“Dengan acara sosialisasi ini, kami berharap dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang peran KPPU dalam menjaga persaingan usaha yang sehat, dan memberi kesempatan kepada semua pelaku usaha untuk berkembang,” kata Andriyanto lebih lanjut.

Menurutnya, kolaborasi antara pihak legislatif, eksekutif, dan pihak-pihak terkait lainnya menjadi kunci dalam mewujudkan ekosistem bisnis yang adil dan berkeadilan.

Selanjutnya Deddy menerangkan, kegiatan ini sebagai langkah awal untuk menyampaikan peran KPPU dalam membangun budaya persaingan yang sehat di Provinsi Kalimantan Utara.

“Semoga diskusi yang berlangsung hari ini dapat memberikan wawasan yang berharga, dan membawa manfaat bagi perkembangan persaingan usaha di tanah air.” tutup Deddy. (DETAKKaltim.Com)

Sumber: Rilis

Editor: Lukman

(Visited 71 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!