Gong Erau Adat Benua Tuha 2023 di Desa Sabintulung Ditabuh

Adji Muhammad Arifin, Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Hadiri Pembukaan

0 955

DETAKKaltim.Com, MUARA KAMAN: Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Adji Muhammad Arifin menabuh Gong menandai dimulainya Erau Adat Benua Tuha di Desa Sabintulung, Muara Kaman, Kutai Kartanegara (Kukar), Sabtu (15/7/2023) sekitar Pukul 13:00 Wita.

Morlifa Elanda, General Manager PT Maju Kalimantan Hadapan (MKH) mendukung pelaksanaan Erau Adat Benua Tuha. (foto: LVL)
Morlifa Elanda, General Manager PT Maju Kalimantan Hadapan (MKH) mendukung pelaksanaan Erau Adat Benua Tuha. (foto: LVL)

Dalam sambutan Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Adji Muhammad Arifin yang dibacakan keluarga Kesultanan menegaskan, Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura berkomitmen dan konsisten memberikan dukungan terhadap pelaksanaan Erau Adat Benu Tuha Desa Sabintulung, Kecamatan Muara Kaman. Karena merupakan bagian tidak terpisahkan dalam mendukung Program Dedikasi K3M.

Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura bersama Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara menjamin agar event (kegiatan-red) ini bisa terlaksana setiap tahun. Agar pelestarian adat dan budaya etam orang Kutai tetap terjaga serta lestari dalam wilayah Kutai Kartanegara,” kata Sultan.

Pihak Kesultanan juga menyampaikan, merasa tersanjung dan bangga, serta mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada pihak-pihak yang mempunyai kepedulian yang tinggi, bagaimana memuliakan simbol-simbol kebudayaan serta kiprah entitas budaya orang Kutai.

“Karena setiap upaya untuk kemajuan kebudayaan, adalah upaya positif dalam meningkatkan warisan budaya,” kata Sultan.

Baca Juga:

Pada kesempatan itu, Sultan juga menyampaikan Undang-Undang di Kesultanan Ing Martadipura, yaitu Panji Selaten dan Beraja Niti.

Pembukaan Erau Adat Benua Tuha diwarnai dengan Tari Massal Putra-Putri Benua Tuha dengan judul Legenda Benua Tuha. (foto: LVL)
Pembukaan Erau Adat Benua Tuha diwarnai dengan Tari Massal Putra-Putri Benua Tuha dengan judul Legenda Benua Tuha. (foto: LVL)

Iapun menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk mendukung pelaksanaan Erau Adat Benua Tuha, dengan menjaga keamanan dan ketertiban serta berpartisipasi aktif pada semua rangkaian kegiatan dengan baik.

Pelaksanaan Erau Adat Benua Tuha yang akan digelar selama 7 hari terhitung sejak 15 Juli hingga 22 Juli 2023, mendapat dukungan dari berbagai pihak secara financial.

Dalam laporannya, Ketua Panitia menyebutkan sumbangan datang dari Dinas Pariwisata Kukar Rp200 Juta, Ekraf Pemda Kukar Rp290 Juta, Pemerintahan Desa Sabintulung Rp50 Juta, Koperasi Bina Sawit Lestari 1 Rp50 Juta, Syahrani Rp10 Juta.

Selanjutnya, Koperasi Bina Sawit Lestari 2 Rp10 Juta, PT Maju Kalimantan Hadapan Rp15 Juta, CV Nurjenah Rp20 Juta, Koperasi Agro Mas Rp10 Juta, dan beberapa lagi sumbangan lainnya di bawah angka Rp10 Juta sehingga Total sumbangan yang diterima panitia sejumlah Rp686.800.000,-.

Kegiatan pembukaan Erau Adat Benua Tuha disaksikan ribuan warga, dan diwarnai dengan Tari Massal Putra-Putri Benua Tuha yang membawakan Tarian dengan judul Legenda Benua Tuha. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: LVL

(Visited 347 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!