Wakil Ketua DPRD Kaltim Ungkap Berupaya Bantu Petani

Samsun: Kita Upayakan Semaksimal Mungkin

0 631

DETAKKaltim.Com, KUTAI KARTANEGARA: Menjadikan Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai Provinsi yang stabil dalam ketahanan pangan menjadi fokus bagi Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun.

Samsun menyatakan, pihaknya sebagai wakil rakyat dari Daerah Pemilihan Kutai Kartanegara terus mengupayakan semaksimal mungkin bagaimana Petani-Petani Bumi Etam memperoleh bantuan dari pemerintah, baik secara keuangan maupun belanja langsung.

“Kita upayakan semaksimal mungkin untuk bagaimana membantu Petani-Petani Bumi Etam,” kata Samsun di sela-sela kegiatan Gerakan Tanam 1.000 Hektar di Kelompok Tani Citarum, Kelurahan Bukit Biru, Kutai Kartanegara yang dihadiri Gubernur Kaltim, Senin (3/7/2023).

Menurutnya, pemerintah bisa memberikan bantuan kepada Petani yang dananya dapat dianggarkan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi dan APBD Kabupaten/Kota.

Samsun yang berasal dari Partai Demokarasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini menyebutkan, tahun anggaran 2023 juga pihaknya masih terus memperjuangkan apa yang bisa diperjuangkan untuk ketahanan pangan di Kaltim.

“Di 2023 ini kita banyak sekali program yang coba kita arahkan ke arah sana (pembangunan ketahanan pangan Kaltim),” kata Samsun.

Baca Juga:

Samsun menyampikan ucapan syukur, karena tahun 2023 ini pihaknya akan mendedikasikan bantuan kepada para Petani yang tersebar di Kutai Kartanegar dengan nilai anggaran Rp25 Milyar.

“Dan alhamdulilah ini 25 Milyar mau kita dedikasikan buat Petani-Petani Kukar,” ucap Samsun.

Petani-Petani yang telah diusahakan untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah ialah mereka yang telah tergabung dalam Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) dan Poktan (Kelompok Tani).

“Jumlahnya saya yakin lebih dari 300 Kelompok Tani yang tersebar di Kutai Kartanegara, dan tergabung dengan adanya program pemerintah,” kata Samsun.

Menjadi harapan besar Samsun agar program bantuan pemerintah ini bisa berkesinambungan, untuk terus dianggarkan dan dilaksanakan. Demi Petani lebih terbantu, bukan hanya sesaat saja.

“Saat ini sudah mulai didistribusikan. Hari ini di wilayah Kecamatan Loa Kulu, dan Kecamatan Loa Janan. Besok akan berlanjut ke Kecamatan Bukit Biru dan seterusnya” ujar Samsun.

Ada bantuan yang sedang didistribusikan, di antaranya pupuk organik cair, hingga alat-alat mesin yang digunakan dalam Pertanian. (DETAKKaltim.Com)

Sumber: Rilis

Editor: Lukman

(Visited 97 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!