Web Award KI Kaltim 2019, KPU Balikpapan Boyong Penghargaan

0 39

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Komisi Informasi (KI) Provinsi Kalimantan Timur menyelenggarakan acara penganugerahan penghargaan Web Award Badan Publik Provinsi Kalimantan Timur, Kamis (7/11/2019).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Swisbel Borneo Hotel Samarinda dan dibuka secara resmi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kaltim Diddy Rusdiansyah, mewakili Gubernur Provinsi Kaltim.

Sebelumnya KI Provinsi Kaltim telah melakukan monitoring pada 365 website dan 50 aplikasi dari 1.700-an Badan Publik di Kalimantan Timur. Mulai dari instansi vertikal, OPD, Kecamatan, Kelurahan, Desa, BUMD, Perguruan Tinggi Negeri dan lainnya.

Dari hasil monitoring tersebut, terdata hanya 361 Badan Publik yang memiliki website, dan dapat dilakukan penilaian serta memiliki peluang untuk mendapatkan penganugerahan Web Awards tersebut.

Tidak hanya instansi pada lingkungan pemerintah Provinsi Kaltim saja, namun instansi vertikal yang berdomisili di Provinsi Kalimantan Timur juga ikut menjadi objek monitoring oleh KI Kaltim.

“Kegiatan penganugerahan ini merupakan bentuk apresiasi kepada badan publik yang  konsisten menerapkan keterbukaan informasi, standar layanan, memberikan motivasi dan inspirasi serta mengedepankan semangat keterbukaan dan dapat dipertanggungjawabkan,”  kata Diddy Rusdiansyah

Penghargaan ini dilakukan berdasarkan UU Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik dan Perki Nomor 1 Tahun 2010 Tentang Standar Layanan Informasi Publik dan Implementasi Inovasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, Tata Pemerintahan Terbuka (open government), Data Terbuka (open data).

Dari hasil monitoring terhadap 361 Badan Publik, KPU Kota Balikpapan meraih prestasi Web Award Badan Publik 2019 pada peringkat pertama kategori Implementasi Keterbukaan Informasi Publik Via Website Terbaik Lembaga Daerah KPU dan Bawaslu se-Kalimantan Timur.

Sedangkan Juara kedua untuk kategori tersebut diraih oleh Bawaslu Kota Balikpapan, dan juara ketiga yaitu Bawaslu Kabupaten Kutai Kartanegara.

Penghargaan Web Awards Badan Publik Tahun 2019 ini dihadiri dan diterima oleh Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Kota Balikpapan, Syahrul Karim.

“Dengan  diraihnya penghargaan ini, kita menjadi lebih termotivasi untuk dapat melaksanakan keterbukaan informasi terhadap publik. Jadi kita harus terus melakukan upaya perbaikan, memberikan data dan informasi yang memadai tentu sesuai dengan ketentuan dan regulasi yang berlaku,” kata Syahrul. (DK.Com)

Sumber : KPU Balikpapan

Editor    : Lukman

(Visited 11 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!