Wakil Ketua DPRD Minta Balikpapan Berbenah Hadapi IKN 

Sabaruddin: Segala Infrastruktur Kita Harus Berbenah

0 152

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN: Dipindahkannya Ibu Kota Negara (IKN) dari Jakarta ke Sepaku, Penajam Paser Utara (PPU), juga direspon Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balikpapan Sabaruddin Panrecalle, Kamis (2/3/2023).

Dengan adanya pembangunan IKN, menurut politisi Partai Gerindra ini, juga berimbas ke Kota/Kabupaten di sekitarnya termasuk Balikpapan yang merupakan pintu gerbang Kaltim.

Untuk itu, kata Sabaruddin, Balikpapan juga harus siap dalam segala hal, termasuk dalam mempersiapkan infrastruktur penunjang.

“Siap dalam arti, dalam segala infrastruktur kita harus berbenah,” kata Sabaruddin.

Baca Juga:

Lebih lanjut Sabaruddin menyampaikan, saat ini dampak yang dirasakan adalah kondisi jalan di Balikpapan yang sudah mulai terasa macet. Terlebih pada saat jam berangkat, dan pulang kerja.

“Ketika macet sudah terasa, kita bisa bayangin 260 ribu pekerja yang akan masuk di RDMP (Refinery Development Master Plan) Balikpapan, existing sekarang sudah ada 20 ribuan pekerja di RDMP. Kalau kita tidak berbenah diri pasti akan macet,” bebernya.

Menurutnya, slogan siap mendukung IKN harus dibarengi dengan infrastruktur yang memadai salah satunya adalah jalan.

Seperti halnya jalan menuju arah timur Balikpapan dan sebaliknya hanya ada satu akses, dan tidak ada jalan alternatif lain.

Selain jalan, Sabaruddin juga menyinggung terkait sekolah yang harus dipikirkan. Karena mau tidak mau Balikpapan merupakan kota untuk singgah, sebelum infrastruktur yang ada di IKN benar-benar terwujud.

“Sekarang saja setiap tahun kita sudah kekurangan ruang belajar, belum penambahan penduduk. Ini fenomena dari tahun ke tahun. Bagaimana persiapan kita untuk menyambut IKN,” jelasnya.

Selain itu, ia juga menyoroti terkait infrastruktur lainya yaitu fasilitas kesehatan seperti rumah sakit yang harus segera dibangun untuk mendukung IKN. (DETAKKaltim.Com/ Adv.DPRD Balikpapan)

Penulis: Jamil/Roni S

Editor: Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!