Wakil Ketua DPRD Kaltim Usul Pembentukan Perusda Pertanian

Samsun: Saya Siap Mengawal Anggaran

0 39

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Menjadi wakil rakyat Kaltim yang sangat vokal menyuarakan persoalan Pertanian di Benua Etam. Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim Muhammad Samsun, usulkan pembentukan Perusahaan Daerah (Perusda) baru.

Hal ini menurutnya, sangat perlu dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim, untuk kemudian Perusda itu khusus menangani produksi Pertanian di Kaltim.

“Agar Pemprov Kaltim dapat mulai meningkatkan produksi Pertanian yang berkaitan dengan ketahanan pangan, sebab sejauh ini ketahanan pangan Kaltim masih terbilang belum memiliki kemandirian,” ucap Samsun beberapa waktu lalu.

Politisi PDI Perjuangan itu menilai, sebagian besar Perusda selama ini selalu menangani sektor yang telah memiliki banyak pesaing.

Baca Juga:

“Perusda kita selama ini yang ada justru Perusda yang menangani sektor-sektor yang sudah ada pasarnya dan banyak pesaingnya, coba yang kita rebut yang belum ada penggeraknya di situ, kita mampu bersaing,” bebernya.

Lantas politisi yang berkantor di Karangpaci itu menegaskan, apabila usulan ini dapat terealisasi DPRD Kaltim akan berkomitmen untuk terus mengembangkan Sektor Pertanian di Bumi Etam.

“Saya siap mengawal anggaran untuk penyertaan modal pada Perusda tersebut. Jadi kita harus buat inovasi baru, kalau hanya begini saja maka kita tidak akan siap bertarung mengisi ketahanan pangan,” ujarnya.

Samsun yang terpilih dari Daerah Pemilihan Kutai Kartanegara menambahkan, Pemprov Kaltim harus terus memberikan perhatian lebih. Sebab perhatian terhadap Sektor Pertanian masih sangat minim, dibuktikan juga dengan minimnya anggaran yang dialokasikan terhadap persoalAn tersebut.

“Alokasi untuk Sektor Pertanian hanya sebesar 6,8 persen dari APBD Kaltim 2023, sebesar Rp17,2 Trilyun. Terus itu terbagi lagi untuk Perkebunan dan lain-lain.” pungkasnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: Lisa/Adv.DPRD Kaltim

Editor: Lukman

(Visited 9 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!