Wakil Ketua DPRD Kaltim Sanjung Cerita Wayang

Hari Wayang Nasional, Samsun : Lebih Keren dari Drama Korea

0 116

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA :  Presiden Republik Indonesia sebelumnya sudah mengeluarkan Keppres Nomor 30 Tahun 2018 tertanggal 17 Desember 2018. Keppres tersebut menetapkan bahwa Hari Wayang Nasional, diperingati setiap tanggal 7 November.

Merayakan Hari Wayang Nasional tahun ini, Pengurus Persatuan Pedalangan Indonesia (Pepadi) Kaltim Muhammad Samsun menyampaikan ucapan selamat Hari Wayang Nasional, yang diperingati pada 7 November kemarin untuk Tahun 2022.

“Selamat Hari Wayang Nasional,” kata Muhammad Samsun yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kaltim, Selasa (8/11/2022).

Politisi PDI Perjuangan ini mengatakan, Wayang merupakan budaya bangsa adiluhung sebab tidak dimiliki bangsa lain. Di dalam Wayang banyak sekali bercerita terkait pola hidup, untuk bisa dijadikan tuntunan atau teladan di tengah kehidupan masyarakat Indonesia.

“Jadi di dalam Wayang bukan hanya sekedar seni tontonan, tetapi memiliki nilai tuntunan yang adiluhung sangat tinggi,” kata Samsun yang terpilih dari Daerah Pemilihan Kutai Kartanegara pada Pemilu Legislatif 2019.

Baca Juga :

Menilik perkembangannya, kata Samsun lebih lanjut, Wayang di Kaltim cukup bagus. Hanya memang sempat stagnan, karena pademi Covid-19 melarang adanya keramaian. Namun setelah kembali diperbolehkan, dunia pewayangan langsung menjadi ramai.

“Mulai dari Ikapakarti dan setiap hiburan kebudayaan yang kelompok maupun masyarakat, ini sudah mulai menganggap Wayang,” kata Samsun.

Menyinggung perhatian kalangan muda terhadap budaya bangsa pada masa moderen kini, Samsun mengajak untuk menonton bersama dan menyukai Wayang.

“Ayo nonton Wayang bersama. Akan saya bagikan sinopsisnya jika perlu. Wayang itu seni budaya yang adiluhung serta penuh makna. Ini bisa menjadi pedoman masyarakat Indonesia, terutama kalangan muda untuk bisa mencintai budaya Indoensia (budaya Wayang),” ujar Samsun.

Samsun bahkan mengatakan, cerita Wayang lebih keren dari Drama Korea.

“Cerita Wayang juga lebih keren dari Drama Korea (Drakor),” tukasnya.

Saat dikonfirmasi, Samsun juga sempat menuturkan jika pihaknya menghadiri Festival Nasional Dalang Cilik di Jakarta beberapa waktu lalu.

“Kami mengutus dari PPU satu orang perwakilan peserta Dalang Cilik Kaltim. Meski belum mendapat nominasi juara, tetapi minimal ada perwakilan dan mulai tumbuh kembang.” tandasnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Ij/Adv.DPRD Kaltim

Editor   : Lukman

(Visited 5 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!