Wakil Ketua DPRD Balikpapan Sorot Lahan Proyek Bermasalah

Sabaruddin : Belum Dibayar Ganti Rugi

0 165

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Sejumlah proyek Pemerintah Kota Balikpapan mengalami kendala dalam pelaksanaanya terkait lahan yang digunakan belum diganti rugi kepada yang berhak, hal ini dipertanyakan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Balikpapan Sabaruddin Panrecalle.

“Salah satu dari yang bermasalah adalah Rumah Sakit Balikpapan Barat, yang kini digugat oleh beberapa warga setempat hingga ke Meja Hijau,” jelas Sabaruddin, Jum’at (26/8/2022).

Kemudian, lanjut politisi Partai Gerindra ini, pembangunan Gedung Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 25 Balikpapan Barat, juga bersengketa dengan warga setempat yang tinggal di lahan tersebut.

Alasan warga setempat, lahannya belum ada sama sekali mendapat ganti rugi. Iapun menegaskan, agar hal yang demikian jangan sampai menjadi temuan kembali oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) seperti  lahan Stadion Batakan.

“Kami selaku DPRD Kota Balikpapan yang bertugas sebagai pengawasan selalu mengingatkan, dalam pelaksanaan awal pengerjaan harus diselesaikan terlebih dahulu persoalan-persoalan yang belum clear. BPKAD berpandangan memang sudah clear, tapi pada kenyataannya pada saat pengerjaan ada yang menuntut dengan dasar belum dibayar ganti rugi,” ungkap Sabaruddin.

Baca Juga :

Dengan kejadian ini, lanjutnya, mestinya Pemerintah Kota Balikpapan harus menerapkan mekanisme dan  metodologi dalam menyiapkan langkah-langkah untuk memulai tahapan pembangunan dengan melibatkan berbagai pihak.

Kemudian perlu dilakukan adanya sosialisasi di lapangan, dan beberapa kajian yang harus dipelajari seperti AMDAL dan lain sebagainya.

“Dengan demikian semua permasalahan akan timbul dan terlihat, mana yang sudah dibebaskan dan mana yang bersengketa.” pungkasnya. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Roni S

Editor   : Lukman

(Visited 10 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!