Ungkap Kisah Asal Usul Sebulu, Tari Massal Pembukaan MTQ Libatkan 127 Orang

0 853

DETAKKaltim.Com, TENGGARONG : Sebanyak 127 orang terlibat dalam tari massal pada acara pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Ke 38 Tingkat Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Kalimantan Timur di Kecamatan Sebulu, Senin (28/3) mendatang di arena utama MTQ Lapangan Kuning Sebulu Ilir.

“127 orang itu terdiri dari pelajar SMP, SMA dan masyarakat Sebulu,” ujar H Eramsyah Sadi, koreografer tari massal pembukaan MTQ Sebulu dari Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia (LASQI) Kukar, Rabu (23/3/2016).

Eramsyah mengatakan tari massal dengan judul “Syukur” itu diangkat berdasarkan sejarah berdirinya Kecamatan Sebulu, yang kisahnya didapatkan dari para tetua dan tokoh masyarakat setempat serta para keturunan pelaku sejarah.

Diceritakan Eramsyah, tari tersebut menggambarkan dua tokoh pemuda yang berasal dari Benamang (Muara Kaman) dan Kedang Ipil (Kota Bangun) yaitu Mak Tabok dan Mak Bonet, mereka memenuhi undangan Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura pada waktu itu untuk menghadiri pesta adat Erau di Tenggarong yang dilaksanakan 40 hari 40 malam.

Dalam perjalanan pulang setelah mengikuti Erau, Mak Tabok dan Mak Bonet kehabisan perbekalan di daerah Entapi. Lalu mereka berdua menyempatkan bercocok tanam  di Entapi untuk perbekalan pulang ke hulu.

“Akhrirnya karena pertemanan akrab dua pemuda ini saat bercocok tanam, maka mereka menyebut wilayah itu sebagi Sebulu yang bermakna senasib sepenanggungan, sehingga hingga kini Entapi dikenal dengan nama Sebulu,” ujar Eramsyah.

Asal-usul Sebulu itulah yang mereka angkat dalam tari massal dengan dasar gerakan Jepen Kutai yang diiringi musik Tingkilan.

Eramsyah mengatakan, dalam tari berdurasi 22 menit itu,  para penarinya akan mengenakan properti dan pakaian khas Kutai, di antaranya Tengkolok (penutup kepala dari kain).

Guna memperisapkan tari massal itu, menurut Eramsyah para penari bahkan latihan hingga tiga kali dalam sehari, yaitu Pagi, sore dan malam sejak awal Maret ini.

“Mereka tampak bersemangat, Insya Allah kami akan berusaha tampil bagus dalam memeriahkan pembukaan MTQ di Sebulu ini,” demikian ujar Eramsyah. (HA)

 

(Visited 76 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!