Tingkatkan PADes, Kades Sidorejo PPU Akan Buat Terobosan

0 94

DETAKKaltim.Com, PPU : Semua Kepala Desa (Kades) di Penajam Paser Utara (PPU) Kalimantan Timur, terus berupaya meningkatkan pendapatan asli di Desanya dengan berbagai usaha. Ada yang baru membentuk Bumdes dan ada pula yang sudah lama berjalan, meski belum memberikan kontribusi yang banyak terhadap peningkatan Pendapatan Asli Desa (PADes).

Muhaji, Kepala Desa Sidorejo, Penajam, menyampaikan kalau Pemerintah Desa Sidorejo baru membentuk Bumdes. Muhaji mengakui meskipun sudah dua kali menjabat menjadi Kepala Desa tetapi pendapatan Desa ini diakuinya masih sangat minim.

“Rencananya di tahun anggaran 2019  mendatang penyertaan modal di Badan Usaha Milik Desa lebih ditingkatkan dari sekarang ini, kami masih menyusun pengurus BUMDes,” katanya saat dijumpai di kantornya, Senin (13/8/2019).

Dia juga menjelaskan Desa Sidorejo menjadi salah satu pengahasil Padi Sawah di Kabupaten PPU.

“Jadi rencana kerja BUMDes mengolah Padi Sawah menjadi beras, selajutnya dikemas dengan nama Bumdes untuk dipasarkan. Saya sangat yakin usaha ini ke depannya mampu meningkatkan Pendapatan Asli Desa,” jelasnya.

Meskipun dia tidak secara detail merincikan berapa keuntungan yang bisa diperoleh dari usaha Beras yang akan dikelolanya, tetapi ia sangat optimis usaha yang akan dikelola ini mempunyai prospek yang sangat bagus. (amran) 

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!