Tim SAR Hentikan Pencarian Razak di Muara Pantai Labuan Cermin

Melkianus: Tidak Ada Tanda-Tanda Ditemukan

0 111

DETAKKaltim.Com, BERAU: Pencarian Tim SAR Gabungan dari 10 Satuan terhadap M Razak (10), yang dilaporkan tenggelam terseret ombak di Muara Pantai Labuan Cermin, Dermaga Nelayan, Kampung Biduk-Biduk, Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau, hingga penghujung hari Ke-7 tetap saja tak memberikan hasil sesuai harapan.

“Tim SAR Gabungan telah melaksanakan pencarian H.7 dengan hasil nihil, dan tidak ada tanda-tanda ditemukan korban M Razak. Serta tidak efektif pencarian berdasarkan pertimbangan teknis dan hasil evaluasi Dantim di lapangan, serta berkoordinasi dengan unsur SAR Gabungan dan keluarga korban. Selanjutnya Operasi SAR selesai dan diusulkan untuk ditutup, dan Tim SAR dikembalikan ke Satuannya masing-masing,” jelas Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) Balikpapan dalam keterangan tertulisnya yang diterima DETAKKaltim.Com, Sabtu (18/3/2023) Pukul 17:59 Wita.

Sebelum mengakhiri Operasi SAR terhadap M Razak yang beralamat di Jalan Kallak, RT 01, Kampung Biduk-Biduk, Kecamatan Biduk-Biduk Kabupaten Berau, pada Pukul 17:55 Wita. Tim SAR Gabungan masih berjuang dengan gigih mencari bocah tersebut sejak pagi, Pukul 07:00 Wita.

Sebagaimana yang disampaikan Melkianus dalam laporan pencarian Hari Ke-7, Tim SAR Gabungan melaksanakan Briefing Operasi SAR dan mulai melakukan penyisian dan pencarian dengan menggunakan Rubber Boat Basarnas.

Tim SAR Gabungan dibagai dalam 2 Tim Search Rescue Unit (SRU). SRU I melakukan penyisiran dan pencarian sejauh 13 NM dari lokasi kejadian (LKP) ke arah Timur Tenggara, dengan Pola Pencarian Parallel Sweep menggunakan Rubber Boat Basarnas.

Sedangkan SRU II melakukan pencarian sejauh 14 NM ke arah Tenggara, dengan Pola Pencarian Creeping Line menggunakan Speed Boat Polairud Polres Berau dan Perahu Nelayan. Namun M Razak tetap saja tidak saja tidak berhasil ditemukan.

BERITA TERKAIT:

M Razak dilaporkan tenggelam terseret ombak di Muara Pantai Labuan Cermin, Dermaga Nelayan, Kampung Biduk-Biduk, Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau, Minggu (12/3/2023) Pukul 19:30 Wita.

Berdasarkan laporan Novian Hidayat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Berau, kejadian yang dialami Muhammad Razak itu terjadi pada Pukul 09:00 Wita.

Kronologis kejadian itu bermula, sekitar Pukul 09:00 Wita, Muhammad Razak keluar dari rumah bermain di pinggir pantai. Namun tidak pulang sampai Pukul 14:00 Wita. Kemudian dicari Masrani, orang tua Muhammad Razak.

Saat ditanyakan ke teman-temannya, diperoleh informasi bahwa korban hanyut terperosok pada saat bermain di Gusung Pasir dan posisi air pasang.

Mendapat informasi tersebut, kemudian orang tua korban meminta bantuan ke Polsek Biduk-Biduk.

Menindak lanjuti laporan tersebut, Unit Siaga SAR Berau berkoordinasi dengan pelapor dan masyarakat setempat. Selanjutnya Tim Rescue Unit Siaga SAR Berau bergerak menuju lokasi kejadian pada Pukul 19:45 Wita yang diperkirakan pada posisi 1° 15′ 43,23″ N – 118° 41′ 17,13″ E.

Sejumlah unsur ambil bagian dalam pencarian terhadap M Razak, di antaranya Tim Rescue Unit Siaga SAR Berau, Polsek Biduk-Biduk, Pos TNI AL Teluk Sulaiman, Ditpolairud Polres Berau, Koramil Biduk-Biduk, Pol PP Biduk-Biduk, BPBD Berau, BPBD Biduk-Biduk, Pemerintah Kampung Biduk-Biduk, dan PMI Biduk-Biduk. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: LVL

(Visited 4 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!