Suara Nyaring Kagetkan Warga, Longsor Menimpa Gang Bambu Samarinda

Hilman : Warga Sempat Panik

0 126

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Warga di Jalan Sultan Alimuddin, Gang Bambu Indah, RT 35, Kelurahan Selili, Kecamatan Samarinda Ilir, Kaltim, dihebohkan longsor dari ketinggian 5 meter yang terjadi secara tiba-tiba walaupun tanpa hujan dan angin, Rabu (21/4/2021) sekitar Pukul 21:30 Wita.

Hilman Tambunan Warga RT 35 mengatakan, tangga dan turap yang tepat berada di sisi bukit ikut ambruk tak kuat menahan pergerakan tanah. Akibatnya, dua rumah terdampak. Bagian dapur rumah yang berada di atas bukit nyaris ambruk. Begitu pula rumah yang berada di bawah bukit. Pagar depan yang menyatu dengan teras rumah tersapu tanah longsor.

“Sekitar jam 5 sore sudah mulai ada tanda-tanda keretakan di bagian tembok, lalu setelah sehabis Tarawih temboknya jebol dan ambruk. Saat ada suara yang cukup nyaring, warga sempat panik dan berhamburan keluar rumah,” ucap Hilman kepada DETAKKaltim.Com.

Hilman menduga longsor terjadi karena dampak parit di bukit yang mengalami keretakan, aliran air merembes ke dalam tanah dan membuat tanah di atas bukit terus terkikis.

“Mungkin pas hujan itu airnya masuk tangga dan mengikis tanah sampai dasar. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, rumah saya terdampak di bagian depan. Saya harap ada penanganan secepatnya, sebab longsor susulan bisa saja terjadi,” lanjutnya dengan nada khawatir.

Ketua RT 38 Duta mengatakan, retakan di bagian tangga sebenarnya sudah lama terjadi, longsor yang terjadi akan dilaporkan ke pihak Kelurahan agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.

“Kami masih bicarakan dulu sama warga, kalau memang sepakat untuk ditutup akan diikuti kemauan warga. Karena itu sudah membahayakan, dan memang kami mengantisipasi terjadi hal yang tidak diinginkan.” ujarnya. (DK.Com).

Penulis : Setyo Wahyu Aditya

Editor : Lukman

(Visited 2 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!