Selangkah Lagi Asuransi Relawan Damkar Samarinda Terwujud

Hendra : Asuransi Relawan Akhirnya Bisa Diwujudkan

0 157

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Dengan banyaknya relawan Pemadam Kebakaran (Damkar) yang selama ini sangat membantu tugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Samarinda, pihak Disdamkar tidak menutup mata dengan resiko yang dihadapi para relawan di lapangan.

Kepala Pelaksana Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Hendra menjelaskan, untuk itu perlu perlindungan atau jaminan kesehatan untuk para relawan yang jumlahnya tidak sedikit di Kota Samarinda ini. Melihat kepedulian dan ikhlasnya kerja relawan di lapangan, pihaknyapun tetap memikirkan bagaimana asuransi untuk relawan.

“Ditahun 2022 ini alokasi anggaran untuk asuransi relawan akhirnya bisa diwujudkan. Mereka ini bekerja tidak digaji. Tulus, ikhlas menolong sesama, tanpa berharap imbalan. Jadi, tidak mungkin pemerintah hanya diam,” kata Hendra kepada awak media DETAKKaltim.Com, Jum’at (28/1/2022) pagi.

Baca Juga :

Untuk mekanismenya sendiri pemberian asuransi ini diawali dengan pendataan relawan. Untuk bisa mendapatkan asuransi harus berumur lebih dari 19 tahun, dan memiliki alamat yang jelas dengan diterbitkannya SK minimal dari pihak Kelurahan dimana posko relawan berdiri.

“Jadi Pemerintah Kota sudah mengalokasikan anggaran untuk asuransi relawan pemadam kebakaran. Dan untuk tahap awal dialokasikan untuk 1.000 relawan dulu,” lanjut Hendra.

Sementara di lain pihak para relawan sendiri sudah lama memperjuangkan asuransi tersebut, hal tersebut untuk antisipasi jika terjadi hal buruk di lapangan.

“Asuransi untuk relawan ini sudah lama kami perjuangkan. Meski kasus kecelakaan tidak kita inginkan namun dengan adanya asuransi, relawan bisa lebih tenang dalam bertugas,” ujar Ketua Info Taruna Samarinda (ITS) Joko Iswanto.

Baca Juga :

Bertempat di ruang serba guna Disdamkar, Jalan Mulawarman Samarinda Kota, telah dilakukan pertemuan antara pihak relawan dan Disdamkar untuk membahas asuransi relawan pemadam kebakaran tersebut.

“Alhamdulillah selangkah lagi asuransi untuk relawan ini bisa terwujud. Semoga ini bermanfaat untuk para relawan yang berjuang di lapangan untuk kemanusiaan.” pungkas Joko. (DETAKKaltim.Com).

Penulis : Setyo Wahyu Aditya

Editor : Lukman

(Visited 24 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!