Lolos Verifikasi, PKBH Peradi Samarinda Adakan Syukuran

Dafriansyah : Kami di Sini Memberikan Bantuan Hukum

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Pusat Kajian dan Bantuan Hukum (PKBH) Peradi Samarinda menggelar acara syukuran, setelah dinyatakan lolos verifikasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Republik Indonesia, Kamis (27/1/2022) siang.

“Kita mengadakan syukuran atas lolosnya PKBH Peradi Samarinda verifikasi dari Kementerian Hukum dan HAM, Pusat Kajian dan Bantuan Hukum yang akan kami nanti lakukan untuk pelayanan masyarakat yang kurang mampu khususnya di Kota Samarinda, umumnya di Kalimantan Timur,” kata Ketua PKBH Peradi Samarinda Dafriansyah.

Dafriansyah menjelaskan, motivasi mendirikan PKBH Peradi Samarinda ini adalah untuk memberikan bantuan hukum kepada masyarakat yang kurang mampu secara cuma-cuma.

Baca Juga :

“Kami di sini memberikan bantuan hukum kepada masyarakat secara cuma-cuma, tanpa dipungut sepeserpun untuk bidang letigasi dan non letigasi,” jelas Dafriansyah.

Kepala Sub Bidang Penyuluhan Hukum, Bantuan Hukum Kanwil Kemenkumham Kaltim Zainut Taqwim yang menyerahkan Setifikat PKBH Peradi Samarinda mengatakan agar selalu berkoordinasi dengan Kanwil Kemenkumham Kaltim, karena masih baru.

“Pada saat memberikan bantuan hukum itu banyak administrasi yang perlu dipelajari, khususnya yang non litigasi,” jelasnya.

Baca Juga :

Ia meminta agar dalam melakukan bantuan hukum agar mendokumentasikannya secara baik, dan juga melakukannya secara merata. Baik penyuluhan hukum, pemberdayaan masyarakat, pendampingan hukum dan lainnya.

“Kalau bisa rata dengan anggaran yang kami sediakan kepada PKBH Peradi, yang nanti akan diatur dengan perjanjitan kontrak,” jelas Zainut.

Menurut Zainut, hingga saat ini terdapat 19 Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) dan PKBH di Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Dari 19 itu ada yang baru, dan sebelumnya ada yang terdegradasi.

Iapun mengungkapkan, dalam waktu dekat akan memanggil LKBH dan PKBH yang sudah terakreditasi untuk menandatangani kontrak kerja sama.

“Kami harapkan PKBH dapat memberikan bantuan hukum untuk masyarakat miskin di Kalimantan Tumur dan Kalimantan Utara,” harapnya.

Acara syukuran diwarnai pemotongan Tumpeng dari  Ketua DPD Peradi Kaltim. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : LVL

Leave A Reply

Your email address will not be published.