Satgas Pamtas Yonif 623/BWU Amankan Sabu 7 Kg dari Tawau

Tersangka B Sempat 2 Kali Lolos Bawa Kiloan

0 377

DETAKKaltim.Com, NUNUKAN : Di tengah pandemi Covid-19 yang masih meresahkan masyarakat, rupanya kondisi ini tidak menyurutkan niat oknum untuk menyelundupkan barang-barang terlarang terutama Narkoba masuk ke wilayah Indonesia lewat perbatasan.

Anggota Pos Aji Kuning Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 623/Bakti Wira Utama (BWU), berhasil mengamankan 1 orang pelintas batas Warga Negara Indonesia berinisial B yang membawa Sabu-Sabu. Tidak tanggung-tanggung, beratnya 7,1 Kilogram yang dikemas dalam 7 buah plastik, masing-masing dengan berat ± 1 Kg yang mencoba melintasi Pos Penjaga Perbatasan Aji Kuning, Selasa (21/7/2020).

Keberhasilan anggota Satgas Pamtas Yonif 623/BWU Pos Aji Kuning mengamankan pembawa Sabu-Sabu tersebut, merupakan hasil dari kegiatan pemeriksaan rutin terhadap pelintas batas dan barang-barang bawaannya, yang terus dilakukan di depan Pos Aji Kuning yang berada hanya 30 meter dari Pelabuhan Aji Kuning, yang merupakan tempat persinggahan para pelintas batas dari Tawau, Malaysia.

Para personel Pos Aji Kuning yang mengamankan tersangka pembawa Sabu-Sabu tersebut masing-masing, Praka M Nanang Baihaqi, Pratu Tri Suhandoko, Pratu Dodik Suhartanto, dan Pratu Diantoro.

Setelah dilakukan pendataan identitas diri dan barang bukti, tersangka tersebut langsung dibawa ke Komando Taktis Satgas Pamtas Yonif 623/BWU yang berada di Nunukan, untuk segera dilaporkan ke Polres Nunukan.

Menurut keterangan tersangka pembawa Sabu-Sabu seberat 7,1 Kg tersebut, ia sudah 3 kali membawa Sabu-Sabu dari Tawau, Malaysia. Sekitar bulan Januari 2020 membawa 5 Kg, sekitar bulan April 2020 membawa 7 Kg, dan akhirnya tertangkap bulan Juli 2020 oleh Satgas Pamtas Yonif 623/BWU dengan membawa 7,1 kg Sabu-Sabu.

Dalam rilisnya di Nunukan, Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 623/BWU Letkol Inf Yordania mengatakan, keberhasilan pengamanan tersangka pembawa Sabu-Sabu seberat 7,1 Kg tersebut merupakan hasil kegiatan pemeriksaan rutin pos-pos terdepan perbatasan Negara RI-Malaysia.

Baca juga : BREAKINGNEWS! Nelayan PPU Hilang Saat Merawe di Tanjung Jumlai

“Setelah diamankan oleh anggota Pos Aji Kuning Satgas Pamtas Yonif 623/BWU, selanjutnya pelaku akan segera kami serahkan ke pihak Kepolisian untuk dilanjutkan proses hukum lebih lanjut. Pelajaran dari hasil pemeriksaan rutin ini menunjukkan bahwa, peredaran Narkoba di perbatasan masih ada walaupun masih dalam situasi Pandemi Covid-19. Dan jumlahnya juga cukup besar, sehingga kita harus tetap waspada dan tidak boleh lengah mengamankan wilayah perbatasan negara, dari oknum-oknum pengedar besar yang mencoba memasukkan Narkoba ke wilayah Indonesia,” ujar Dansatgas.

Penyerahan tersangka pembawa Sabu-Sabu seberat 7,1 Kg beserta barang buktinya dilakukan di Polres Nunukan oleh Pakum Satgas Pamtas RI-Malaysia Lettu Chk Erika Nur Cahyo yang langsung diterima Kasat Resnarkoba Polres Nunukan Iptu Pol Lusgi Simanungkalit, Rabu (22/7/2020). (DK.Com)

Sumber : Pendam VI/Mlw

Editor    : Lukman

(Visited 13 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!