Satgas Pamtas Yonif 611/Awl Bina Pramuka di Perbatasan

0 50

DETAKKaltim.Com, NUNUKAN : Pramuka merupakan program Pemerintah Pusat yang harus dilaksanakan oleh seluruh sekolah dalam bentuk ekstrakurikuler, dengan tujuan belajar berorganisasi dan memupuk rasa kecintaan terhadap tanah air, membentuk kebersamaan, kreatifitas dan membentuk mental karakteristik pemuda pemudi Indonesia yang mampu menghadapi tantangan di masa depan.

Bergerak dari hal tersebut, Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 611/Awang Long (Awl) selain mempunyai tugas pokok menjaga perbatasan negara dalam rangka menjaga keutuhan NKRI, namun juga mempunyai tugas terkandung yaitu mencerdaskan anak bangsa yang diaplikasikan sebagai tenaga pendidik, baik pendidikan yang bersifat formil maupun ekstrakurikuler. Hal ini dilaksanakan oleh Satgas Pamtas di Pos Bukit Keramat, di antaranya di SMA Sebatik, Minggu (19/2/2017).

“Pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler tidak hanya dilaksanakan di sekolah saja, namun juga dilaksanakan latihan di luar sekolahan. Hal ini untuk menumbuhkan rasa tanggung jawab, mental dan kebersamaan serta ketangkasan mereka dalam mewujudkan rasa kecintaan terhadap alam yang berimplikasi terhadap kecintaan pada tanah air,” ungkap Komandan Satgas Pamtas Yonif 611/Awl Mayor Inf Sigid Hengki Purwanto S Sos.

Kegiatan Saka Wirakartika Koramil 0911-02 Sebatik ini diikuti 29 orang siswa siswi SMA. Materi yang diberikan adalah Peraturan Baris Berbaris ( PBB), Pengenalan senjata, jurit malam dan  jelajah.

Diungkapkan perwakilan siswa yang mengaku sangat senang dididik oleh kakak-kakak dari Satgas, karena anggota Satgas sangat baik dan tulus dalam mendidik. Sehingga para siswa dapat lebih mengerti tentang berorganisasi Kepramukaan, meningkatkan disiplin dan rasa bertanggung jawab sebagai pemuda pemudi harapan bangsa di masa depan, dan dapat lebih mengerti arti kecintaan terhadap NKRI. (Penrem 091/ASN/LVL).

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!