Sambut Positifi Bursa Inovasi Desa, Wabup : Ajang Pertukaran Ide

0 44

DETAKKaltim.Com,  KUTAI TIMUR : Wakil Bupati (Wabup) Kutai Timur (Kutim) Kasmidi Bulang menyambut positif penyelenggaraan Bursa Inovasi Desa (BID) yang dilaksanakan di Balai Pertemuan Umum (BPU) Kecamatan Sangatta Utara, Rabu (17/7/2019).

Kegiatan diikuti perwakilan 2 Desa, yakni Desa Sangatta Utara dan Desa Sangatta Selatan.

Wabup Kasmidi menyampaikan, program inovasi Desa merupakan upaya untuk mendorong peningkatan kualitas dan pemanfaatan dana Desa yang baik. Bursa Inovasi Desa sendiri merupakan forum penyebaran dan pertukaran ide atau inovasi masyarakat selama ini berkembang di tingkat Desa.

“Bursa Inovasi Desa menjadi media belajar bagi pemerintah Desa guna memperoleh informasi dan kegiatan inovasi Desa yang dapat mendukung pembangunan,” kata Kasmidi.

Untuk itu, melalui kegiatan Bursa Inovasi ini ke depan mampu memberikan keleluasaan bagi Desa dalam menempuh pertukaran inovasi, mewujudkan komitmen pembangunan Desa serta menjadikan Desa mandiri dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa.

Termasuk pula melalui penjabaran dan penguatan pada Gerakan Pembangunan Desa Mandiri dan Terpadu (Gerbang Desa Madu) guna tercapaianya kesejahteraan dan kemandirian Desa.

Senada dengan Wagub, Kepala Dinas pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Kutai Timur Suwandi  menyampaikan, tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut adalah mendorong munculnya program inovasi untuk pembangunan Desa di tahun 2020.

“Bahwa tujuan diadakannya Bursa Inovasi Desa adalah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Desa dan meningkatkan kapasitas pemerintah Desa, dalam meningkatkan perencanaan dan pembangunan secara lebih inovatif dan kreatif,dimana harus menyasar kebutuhan dalam program dana Desa yang akan di kucurkan di tahun 2020,” tandasnya. (RH)

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!