Sambut IKN, Plt Bupati Kukar Ingin Daerahnya Jadi Lumbung Pangan

Chairil : Kita Harus Maksimalkan

0 143
DETAKKaltim.Com, TENGGARONG : Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) gencar melaksanakan pembangunan di Bidang Pertanian, hal itu dilakukan seiring dengan ditetapkannya Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota Negara.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Chairil Anwar mengatakan, Pemkab Kukar akan terus mengembangkan Sektor Pertanian. Karena, wilayah Kukar saat ini menjadi salah satu lumbung pangan bagi Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Ia berharap setelah IKN resmi pindah ke Kaltim, Kukar menjadi daerah penyangga utama, apalagi akan ada jutaan  penduduk di Ibu Kota Baru, dengan begitu Kukar harus menjadi daerah Swasembada Pangan untuk memenuhi kebutuhan pangan di Ibu Kota Baru.

“Kukar memiliki lahan yang luas yakni 2.726. 310 hektare dengan luas wilayah tersebut kukar sangat berpotensi untuk mengembangkan Sektor Pertanian, dan masih banyak lahan tidur di Kukar, dan ini kita harus maksimalkan, agar daerah ini jadi lumbung pangan,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Chairil Anwar saat di konfirmasi DETAKKaltim.Com beberapa hari lalu.

Menurut Chairil, selain Padi dan Jagung, para petani juga menanam Sayur-Sayuran, Kedelai serta Umbi-Umbian. Untuk saat ini pihaknya sudah mengupayakan memberikan bantuan berupa alat mesin pertanian (Alsintan) sehingga para petani bisa menerapkan mekanisasi.

Baca juga : Orang Tua Murid SDN 002 Loa Janan Keluhkan Sistem Belajar Daring

Pemkab Kukar juga menaruh harapannya kepada petani muda lulusan Fakultas Pertanian, untuk kembali ke Desa dan bisa menjadi pionir bagi pemuda-pemuda yang ada di Desa, agar pemuda-pemuda tersebut bisa mengembangkan Sektor Pertanian.

“Kami menaruh harapan untuk Mahasiswa Kukar yang berkuliah di Fakultas Pertanian bisa turut membantu Program Pemerintah Daerah, apalagi kami juga telah memberikan bantuan Beasiswa bagi mahasiswa yang berkuliah di Bidang Pertanian. Semoga nanti mereka lulus langsung kembali ke Desa,” tandasnya. (DK.Com)

Penulis : Amin Gladis

Editor   : Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!