Rita Widyasari Jamu Peserta International Student Forum

1 78

DETAKKaltim.Com, TENGGARONG : Sebanyak 58 peserta International Student Forum 2016, berkunjung ke Kutai Kartanegara (Kukar) Kalimantan Timur, Rabu (3/8/2016).

Rombongan International Student Forum tersebut diterima oleh Bupati Kukar Rita Widyasari didampingi Plt Sekda H Marli, Kepala Dinas Pendidikan Wiyono, dalam jamuan sarapan pagi di Pendopo Odah Etam, Tenggarong.

Peserta International Student Forum 2016 tersebut terdiri dari siswa sederajad Sekolah Menengah Atas dari Taiwan, Korea Selatan, Japang, Malaysia dan Indonesia selaku tuan rumah.

Rita dalam sambutannya memperkenalkan sekilas tentang Kukar yang terdiri dari 18 Kecamatan, yang saat ini sedang giat membangun dan mengembangkan sektor pariwisata, pertanian dalam arti luas, dan tentunya pendidikan.

“Kami sedang serius membangun sektor pariwisata, termasuk pendidikan guna menjadikaan Kukar tak tergantung dari hasil tambang dan Migas,” ujarnya dalam Bahasa Inggris.

Pada sektor pendidikan, khsusnya Bahasa Inggris, Rita megatakan pada Oktober tahun ini Pemkab mengirim 40 guru untuk belajar dan mengikuti sertifikasi pengajaran Bahasa Inggris di Cambridge University, Inggris. Hal tersebut menurutnya sebagai upaya meningkatkan sumber daya manusia, agar nantinya Bahasa Inggris menjadi tidak asing bagi masyarakat Kukar.

Kemudian dalam hal pariwisata, di Tenggarong terdapat Museum Mulawarman, Museum Kayu, Waduk Panji, dan tentunya Pulau Kumala yang saat ini sedang menggeliat padahal masih dalam tahap pengembangan.

peserta International Student Forum 2016 saat akan mencicipi kue khas yaitu Serabai, Putu Labuk dan Amparan tetak.
Peserta International Student Forum 2016 saat akan mencicipi kue khas yaitu Serabai, Putu Labuk dan Amparan Tetak. (foto:HA)

Rita juga menginformasikan bahwa pada 20 sampai 28 Agustus ini Tenggarong akan melaksanakan even pariwisata tahunan, Erau adat Kutai dan International Folk dan Art Festival, yang juga dimeriahkan tim kesenian dari 9 negara.

“Erau itu merupakan pesta adat, seni dan budaya, yang merupakan daya tarik pariwisata kami sekaligus melestarikan budaya Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura. Jadi saya harap anda bisa kembali ke Tenggarong untuk menyaksikan event ini,” ajaknya.

 

Sementara Kepala Sekolah SMAN 10 Samarinda, Armin yang merupakan ketua rombongan, mengucapakan terima kasih atas sambutan hangat Pemkab Kukar dan turut berduka atas wafatnya mantan Bupati Kukar H Syaukani HR .

Armin mengatakan, kedatangan rombongan pelajar internasional tersebut ke Tenggarong untuk memperkenalkan Kukar dan mengunjungi tempat-tempat wisata yang ada di Tenggarong.

Rombongan telah berada di Samarinda sejak 28 Juli di Samarinda untuk mengikuti beberapa kegiatan, termasuk berkunjung ke beberapa tempat termasuk Tenggarong, dan akan menyudahi keberadaannya di Kaltim pada Kamis, (4/8/2016).

Dalam acara yang berlangsung santai tersebut, peserta International Student Forum 2016 disuguhi kuliner khas Kukar, yaitu gangan Labu Santan, Sate Payau, Udang Galah, Ikan Lais, kemudian Jajak Serabai, Putu Labuk dan Amparan Tetak.

Mereka juga dihibur dengan Tari Jepen khas Kutai dan Tari Behempas dan Belian Dayak Benuaq. (HA)

 

(Visited 8 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!