Reses di Rapak Lembur, Samsun Terima Aspirasi Petani

Petani Usulkan Peningkatan Saluran Irigasi

0 41

DETAKKaltim.Com, TENGGARONG:  Muhammad Samsun, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim menggelar kegiatan silaturrahmi dan Serap Aspirasi (Reses) masa sidang I di Desa Rapak Lambur, Kecamatan Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar), Jum’at (17/02/2023).

Silaturrahmi dan Reses Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun, di Desa Rapak Lambur, Kecamatan Tenggarong, Kukar, mendapat sambutan hangat warga. (foto: Exclusive)
Silaturrahmi dan Reses Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun, di Desa Rapak Lambur, Kecamatan Tenggarong, Kukar, mendapat sambutan hangat warga. (foto: Exclusive)

Dari kegiatan yang dihadiri masyarakat umum, tokoh pemuda, tokoh agama, kelompok tani, dan Kepala Desa (Kades) Rapak Lambur, Samsun mengatakan rata-rata keluhan masyarakat yaitu terkait Pupuk, sarana prasarana infrastruktur Pertanian seperti Irigasi sampai Jalan Usaha Tani.

“Memang yang masih menjadi kendala di Desa seperti itu. Untuk itu, pembangunan Irigasi hingga Jalan Usaha Tani sangat perlu untuk dibangun dan ditingkatkan,” ungkap Samsun.

Untuk menuntaskan hal tersebut, politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kaltim tersebut mengatakan, pihaknya di dewan akan mendorong anggaran di Bidang Pertanian. Dengan catatan, infrastruktur boleh dibangun tapi yang mengarah ke Pertanian, Waduk, Irigasi dan sebagainya.

“Sebab ke depan Kaltim tidak bisa lagi bergantung pada Tambang. Solusi terbaik buat kita, mau tidak mau harus beralih ke Bidang Pertanian. Kalau dilihat, lahan kita cukup dan Petani kita ada,” kata Samsun yang terpilih dari Daerah Pemilihan Kutai Kartanegara.

Untuk itu, jelas Samsun lebih lanjut, perlu mengoptimalkan Pertanian kita sehingga menarik.

“Menariknya apa, pemasukan ekonomi Petani kita banyak, hasil Pertanian juga banyak. Selain itu kita perlu juga menelusuri terkait kelangkaan Pupuk, hal ini tidak bisa dibiarkan. Sebab pemerintah telah memberikan subsidi terhadap Pupuk,” sebut Samsun lebih lanjut.

Kepala Desa Rapak Lambur Muhammad Yusuf mengungkapkan, menaruh harapan yang sangat besar agar aspirasi Desanya yang berkaitan dengan infrastruktur Pertanian, Irigasi, Alsintan dan jalan dapat segera terealisasikan.

“Ada dua masalah utama di Desa kami. Pertama, Pertanian dan yang Kedua adalah jalan di Desa kami. Semoga beliau dapat memfasilitasi kami, baik di tingkat Kabupaten maupun Provinsi untuk perkembangan dan peningkatan di Desa kami di sini,” ungkap Yusuf.

Baca Juga:

Yusuf juga menuturkan, Desa Rapak Lambur memiliki lahan Pertanian yang sangat luas untuk dirawat dan ditingkatkan. Selain itu, juga ada Perkebunan Durian yang menjadi andalan Desanya sebagai pemasukan ekonomi masyarakat. Bahkan juga dari hasil Pertanian Padi yang mencapai sekitar 1.500 ton per tahunnya.

“Melalui Badan Usaha Milik Desa (BumDes) kita ingin Desa kita mandiri, semua hasil Pertanian dan Perkebunan akan dikelola oleh BumDes. Untuk itu Jalan Usaha Ttani, Infrastruktur Pertanian, Irigas dan Jalan Desa kami perlu diperbaiki. Semoga beliau bisa memfasilitasi semua aspirasi kami, untuk perkembangan dan kemajuan Desa kami.” tandas Yusuf.

Keluhan Petani terkait kelangkaan Pupuk bukan pertama kali diterima wakil rakyat ini saat Reses, saat berkunjung ke Desa Sumber Sari Kota Bangun beberapa waktu lalu juga muncul. Begitu juga persoalan Jalan Usahat Tani, yang selalu mewarnai setiap Reses dengan masyarakat Petani.  (DETAKKaltim.Com)

Penulis: LVL/Adv.DPRD Kaltim

(Visited 12 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!