RDP dengan Dishub, Komisi 3 DPRD Balikpapan Bahas PJU

Oey : Penerangan Jalan Umum di Lingkungan Banyak Masalah

0 42
DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Komisi 3 DPRD Kota Balikpapan menggelar RDP ( Rapat Dengar Pendapat ) bersama Dinas Perhubungan (Dishub) terkait  Penerangan Jalan Umum (PJU) yang dipimpin Wakil Ketua Komisi 3 Wiranata Oey, Rabu (13/1/2021).

Wiranata Oey menyampaikan dari hasil pembahasan bersama Dishub diketahui PJU secara keseluruhan ditangani oleh Dishub dengan adanya Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor  130 Tahun 2018, untuk PJU di atas 4 meter ditangani oleh Dishub dan di bawah 4 meter jalan lingkungan dilaksanakan oleh Kelurahan.

“Dalam pelaksanaannya pada tahun 2018 – 2019, hampir secara keseluruhan bahwa Kelurahan yang ada di Balikpapan ini, banyak yang belum mengetahui sehingga Penerangan Jalan Umum di lingkungan banyak masalah,” kata Oey.

Dari 34 Kelurahan, kata Oey lebih lanjut, hanya 11 Kelurahan yang meminta anggaran PJU. Sementara anggaran untuk ditahun 2021 sebesar Rp2 Miliar saja, itupun digunakan untuk pemeliharaan saja.

Menyikapi 23 Kelurahan yang belum meminta anggaran, hal ini yang akan dilakukan pembahasan bersama Dishub. S

“Sebelum rapat ini dilakukan pada saat pembahasan anggaran 2019 – 2020 sudah dilakukan, bahkan seluruh Lurah diundang namun nyatanya sebagian Kelurahan tidak ada yang menjalankan Peraturan Menteri Nomor 130 tahun 2018,” imbuhnya.

Dari 11 Kelurahan yang mengajukan anggaran, lanjutnya, PJU mendapatkan sekitar Rp700 Juta. Untuk  mencapai target di sekitar Balikpapan 14.000 titik tidak mungkin terealisasi, sementara di tahun 2021 jaringan pemasangan baru ada sekitar 1.310. Namun dengan banyaknya anggaran yang terpotong, terjadilah refocusing dari anggaran karena pandemi Covid-19.

Komisi 3 DPRD Kota Balikpapan meminta kepada Dinas Perhubungan bersama internal mereka di pemerintah kota untuk melakukan rapat bersama Camat, juga Bapedda untuk menentukan di awal atau pertengahan bulan Februari.

“Akan kita diskusikan kembali untuk di Perubahan 2021,” kata Wiranata Oey.

Baca juga : Tanah Longsor Kembali Penuhi Ruas Jalan Ampera Mangkupalas

Kepala Dinas Perhubungan Kota Balikpapan Sudirman menyampaikan, ada beberapa persoalan yang akan dicarikan solusi sesuai dengan pembagian kewenangan dalam hal PJU.

“Untuk ditahun 2021 ada anggaran senilai Rp2 Miliar untuk pemeliharaan. Dan Rp4 Miliar untuk pemasangan baru, dalam artian anggaran yang terbagi secara terpisah bukan keseluruhan Rp6 Miliar,” jelas Sudirman. (DK.Com)

Penulis : Roni S

Editor   : Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!