Rakor ADPSI dan ASDEPSI Bahas Budgeting Pemilu 2024

Samsun : Terkait Hak Keuangan Juga Perlu Ditinjau Lagi

0 137

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Sebagai persiapan jelang Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 14 Februari 2024 mendatang. Asosiasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Seluruh Indonesia (ADPSI) dan Asosiasi Sekretaris DPRD Provinsi Seluruh Indonesia (ASDEPSI) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor), di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (25/10/2022).

Menurut Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun yang turut hadir, dalam Rakor dibahas terkait kemungkinan pembiayaan Pemilu berasal dari APBD Daerah.

“Dari sisi budgeting, harus ada biaya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang dikeluarkan untuk di daerah, baik biayanya dikeluarkan dari dana cadangan maupun biaya yang dialokasikan khusus,” kata Samsun.

Ia mengungkapkan, ada beberapa ketidaksamaan dalam memahami dan menterjemahkan Peraturan Pemerintah nomor 18 tahun 2017. Khususnya terkait dengan penguatan DPRD, sehingga perlu ada revisi terhadap PP 18 tersebut yang diusulkan kepada Mendagri dan Presiden.

Terkait hak keuangan juga perlu ditinjau lagi, termasuk hak keuangan dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 33 tahun 2020, karena hal ini sudah tidak relevan untuk diterapkan di masa kini,” jelas politisi PDI Perjuangan itu.

Baca Juga :

Prasetio Edi, Ketua ADPSI yang juga Ketua DPRD DKI Jakarta mengaku, kegiatan ini dilakukan agar jajaran pemerintah dapat mengambil langkah terbaik untuk menyelesaikan masalah yang timbul, dengan harapan terciptanya situasi kondusif menjelang pesta demokrasi.

Ia mengungkapkan, diharapkan legislatif mampu mengambil langkah tepat dalam menyelesaikan masalah yang sering muncul dalam Pemilu, agar dapat menciptakan situasi kondusif.

Di tempat yang sama, Sekjen Kemendagri Suhajar Diantoro mendukung pelaksanaan Pemilu 2024 yang kondusif, sejalan dengan tema Rakor Peran ADPSI dalam rangka Menciptakan Situasi yang Kondusif Menjelang Pemilu Serentak 2024.

“Sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo, maka Pemilu akan dilaksanakan sesuai jadwal pada 14 Februari 2024. Penyelenggara Pemilu dan stakeholder terkait harus mendukung secara penuh program pemerintah untuk menyukseskan Pemilu mendatang.” ungkap Suhajar menandaskan. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : Ij/Adv. DPRD Kaltim

Editor   : Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!