Puslatbang KDOD LAN RI Samarinda Gelar Ekspose Policy Paper 2022

 Strategi Kebijakan Pengembangan ASN Mitra IKN

0 128

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Desentralisasi dan Otonomi Daerah Lembaga Administrasi Negara (Puslatbang KDOD LAN), menyelenggarakan Ekspose Policy Paper Tahun 2022 di ruang Auditorium Makarti Bhakti Nagari Puslatbang KDOD Samarinda, Senin (10/10/2022).

Pada kesempatan itu, Kepala LAN Samarinda Muhammad Aswad menyampaikan, persiapan menghadapi perpindahan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai IKN baru akan menjadi sebuah tantangan sekaligus peluang bagi rakyat Kaltim, khususnya Aparatur Sipil Negara (ASN) daerah penyangga atau mitra  IKN. Dimana nantinya mereka diharapkan mempunyai SDM, yang baik dan berkompoten.

Pemindahan IKN ini tentunya tidak terlepas dari pemindahan ASN, dan paradigma pemerintahan yang diterapkan di IKN nantinya mengarah pada konsep pemerintahan pintar, efektif, dan efisien.

Upaya pengembangan terhadap ASN daerah mitra IKN, akan berakibat adanya tuntutan aparatur daerah harus memiliki pengetahuan baru, sesuai dengan dinamika perubahan yang tengah berlangsung di lingkungan sekitarnya.

Pemerintah daerah mitra IKN secara mendasar telah melakukan berbagai upaya untuk memenuhi kebutuhan kompetensi ASN-nya, kendati dengan keterbatasan yang ada serta relatif belum fokus pada arah penyiapan diri sebagai bagian dari IKN.

“Dalam telaahan kebijakannya, Puslatbang KDOD telah mengidentifikasi kebutuhan kompetensi, baik kompetensi umum yang perlu dimiliki oleh seluruh ASN daerah mitra IKN maupun kompetensi flagship (sesuai keunggulan kompetitif daerah),” ungkap Muhammad Aswad, dalam Ekspose Policy Paper berjudul Strategi Kebijakan Pengembangan ASN Daerah Penyangga Mitra IKN.

Kegiatan acara ekspose Policy Paper ini dihadiri sekitar 130 orang perwakilan daerah, di wilayah Kalimantan Timur.

Baca Juga :

Hadir sebagai narasumber pada acara tersebut Wakil Wali Kota Samarinda Dr Rusmadi Wongso, Deputi II Lembaga Administrasi Negara Dr Agus Sudrajat, Plt Asdep Manajemen Talenta dan Peningkatan Kapasitas SDM, Kemenpan RB Syamsul Rizal dan Perwakilan Direktorat Aparatur Negara dan Transformasi Birokrasi BAPPENAS.

“Tujuan dilaksanakan kegiatan Policy Paper ini adalah merupakan rangkaian komitmen kami dalam mengawal kebijakan IKN, serta berkontribusi pemikiran bagi daerah penyangga mitra IKN,” jelas Aswad lebih lanjut.

Iapun berharap semoga melalui Puslatbang KDOD-LAN ini, dapat semakin berkontribusi dalam memberikan visi organisasi sebagai administrasi negara yang unggul dan berkelas. (DETAKKaltim.Com)

Penulis : ib

Editor   : Lukman

(Visited 30 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!