Wakil Ketua DPRD Kaltim Dorong Seluruh Kota Penyangga IKN Berbenah

Samsun: Kalau Tidak Berbenah Kita Pasti Ketinggalan

0 140

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA: Sebagai kota penyangga, Ibu Kota Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Kota Samarinda, didorong Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim untuk berbenah, dalam hal infrastruktur.

Sebab menurutnya apabila tidak berbenah, Kota Samarinda pasti akan tertinggal. Samsunpun menilai bahwa pembangunan di IKN, tidak akan hanya berpusar di antara Penajam Paser Utara (PPU) semata.

“Infrastruktur sebagai kota penyangga atau kota mitra di luar IKN ya harus berbenah juga, kalau tidak berbenah kita pasti ketinggalan. Contoh begini, pembangunan di IKN kan tidak hanya melulu berpusar atau berpatok di sana saja, perputaran penduduk atau arus manusia ya ke Samarinda, ke Balikpapan, Panajam, dan sebagainya,” terangnya kepada pewarta media DETAKKaltim.Com di ruangannya beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut, politisi PDI Perjuangan ini menyarankan, seluruh daerah di Kaltim dapat ditingkatkan dengan ciri khasnya masing-masing. seperti Kota Samarinda sebagai kota pusat peradaban, Balikpapan sebagai kota transit atau pintu gerbang, kemudian Kukar sebagai pemasok Pertaniannya.

“Jadi semuanya harus berbenah, kalau tidak justru kota-kota di sekeliling ini akan mendapatkan dampak terlebih dahulu,” tegasnya.

Dalam proses pembangunannya saat ini, Samsun menilai bahwa dampaknya secara perlahan mulai dapat dirasakan, seperti kemacetan lalu lintas di berbagai daerah.

“Selama pembangunan ini saja sudah mulai terasa, Balikpapan dan Samarinda sudah mulai macet. Jadi ya wajar kalau kota-kota di sekeliling IKN ini mengembangkan diri juga dalam meNyiapkan infrastukturnya, menjelang kedatangan orang-orang di IKN,” urainya.

Ia menegaskan, tak hanya sektor infrastruktur, kebutuhan produksi, Sumber Daya Manusia (SDM), jasa, hingga industri juga harus berbenah.

“Kalau tidak ya kita ketinggalan, seperti halnya Jabodetabek, ya nanti kemungkinan akan terjadi seperti itu. makanya kota sekeliling harus berbenah juga.” tutup Samsun yang terpilih dari Daerah Pemilihan Kutai Kartanegara. (DETAKKaltim.Com)

Penulis: Lisa/Adv. DPRD Kaltim

Editor: Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!