Program Perhutanan Sosial, Alfaret : Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

0 96

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Timur terus menjalankan program Perhutanan Sosial, program yang digagas oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tersebut bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat sekitar hutan.

Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Hutan Dinas Kehutanan Provinsi Kaltim Alfaret Dapen Simbolon mengatakan, sasaran program Perhutanan Sosial tersebut ada tiga. Di antaranya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pelestarian kawasan hutan, dan menampung dinamika sosial budaya masyarakat setempat.

Program Perhutanan Sosial itu, lanjut Alfaret, merupakan program pemerintah untuk memberikan peluang dan kesempatan bagi masyarakat sekitar kawasan hutan agar ikut berpartisipasi penuh dalam mengelola sumber daya hutan.

“Perhutanan Sosial ini tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pelestarian kawasan hutan, dan dinamika sosial budaya masyarakat sekitar. Itu target kita,” ujar Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Hutan Alfaret Dapen Simbolon saat di sambangi di kantornya, Selasa (12/11/2019).

Lebih lanjut Alfaret mengatakan, selama beberapa dasawarsa masyarakat sekitar hutan tidak dilibatkan dalam pengelolaan sumber daya hutan. Bahkan masyarakat lebih sering mengelola hutan secara sembunyi-sembunyi, dan kerap terjadi kejar kejaran dengan petugas. Dengan adanya program ini, pemerintah dalam hal ini Dinas Kehutanan Provinsi Kaltim berharap agar masyarakat benar-benar memanfaatkan program tersebut, untuk kesejahteraan mereka sendiri.

“Kami berharap masyarakat memanfaatkan lahan-lahan hutan yang menganggur untuk dibudidayakan dalam program perhutanan soasial, selain untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, masyarakat juga bisa menjaga hutan dengan baik,” pungkasnya. (DK.Com)

Penulis : Gladis

Editor   : Lukman

(Visited 6 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!