Prioritaskan Jalan Tani, Bapelitbangda Usul Bantuan Dana ke Pemprov

0 41

DETAKKaltim.Com, PENAJAM : Alimuddin, Kepala  Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) melakukan kunjungan kerja ke Perkebunan Sawit di Kecamatan Waru, Selasa (14/3/2017).

Dalam kunjungan tersebut, juga meninjau lokasi jalan tani dan berdialog masyarakat setempat untuk menyerap aspirasi terkait peningkatan ruas jalan tani.

Sebelumnya, masyarakat di kecamatan Waru melalui Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah (Musrenbang) tingkat kecamatan, sangat mengharapkan peningkatan jalan tani dapat segera direalisasikan.

Menurutnya, saat ini banyak usulan masyarakat yang masuk dalam skema Musrenbang kecamatan yang telah dilaksanakan oleh instansi teknis, namun diakui belum sepenuhnya terlaksana dengan maksimal.

Untuk menjawab persoalan tersebut, kata Alimuddin, upaya yang ditempuh adalah dengan mengusulkan bantuan dana kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Tujuannya untuk meningkatkan peran dan kinerja UPTD PU di setiap kecamatan di wilayah PPU.

“Setelah pelaksanaan Musrenbang tingkat kecamatan memang kami telah memantau langsung ke lapangan, dan benar saja bahwa banyak usulan atau permintaan masyarakat melalui proposal di Kecamatan Waru. Untuk itu, kami juga berencana akan mengusulkan bantuan dana kepada Pemprov Kaltim untuk peningkatan peran dan fungsi UPT PU ini, “ sebut Alimuddin.

Fungsi UPT PU Kabupaten PPU bagi masyarakat memang tidak diragukan lagi, sambungnya, salah satu fungsi langsung bersentuhan masyarakat yang dikerjakan melalui UPT PU adalah pembangunan jalan tani. Terbukti, permintaan masyarakat untuk itu sangat tinggi.

Satu di antara beberapa permintaan masyarakat itu seperti yang disampaikan masyarakat Kecamatan Waru saat ini. Untuk pengerasan jalan prioritas sepanjang dua kilometer tersebut, masyarakat bahkan sebagian besar merupakan sebagai pemilik Perkebunan Kelapa Sawit di sana siap membantu UPT PU melalui penyediaan batu sebagai pengerasan jalan.

“Menariknya, pengadaan batu akan dilakukan oleh masyarakat langsung untuk membantu UPT PU. Untuk itu kami minta agar permintaan masyarakat Waru ini menjadi prioritas dalam pelaksanaannya,“ ungkapnya.

Sebelumnya, masih menurut Alimuddin, pembangunan jalan yang diusulkan melalui UPT PU tersebut telah dikerjakan melalui UPT PU. Namun pengerjaan jalan tersebut belum selesai, sementara jalan yang telah dan akan dilanjutkan pembangunannya merupakan jalan prioritas dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat daerah itu.

“Oleh karena itu usulan ini diharapkan dapat menjadi prioritas bagi pelaksanaannya di lapangan,“ tandasnya. (Humas6/LVL)

 

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!