Politisi PDIP Kaltim Bantu Pupuk Petani Muara Kaman

Samsun : Mempengaruhi Kualitas Hasil Panen

0 153

DETAKKaltim.Com, MUARA KAMAN : Muhammad Samsun, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kaltim memberikan bantuan Pupuk kepada 18 Kelompok Tani di Desa Panca Jaya, Kecamatan Muara Kaman, Kabupaten Kutai Kartanegara beberapa waktu lalu. Kelompok Tani tersebut terbagi menjadi 12 Kelompok Petani Sawah, 6 Kelompok Petani lainnya.

Menurut Samsun, Pupuk memang tantangan terbesar para Petani, dari lonjakan harga sampai kelangkaan di pasaran menjadi momok.

Keresahan masyarakat ada saat Padi atau hasil bumi lainnya, masuk waktu pemupukan. Tapi Pupuk tidak ada, pasti mempengaruhi kualitas hasil panen,” ungkap legislator dari Fraksi PDI Perjuangan ini.

Selain Pupuk, masyarakat ternyata membutuhkan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan). Kebutuhan prioritas Petani ada pada Alsintan Bajak kering dan Mesin Panen, harusnya ada 4-5 mesin dalam sekali panen, namun Petani di Panca Jata masih membutuhkan  2-3 Alsintan.

Baca Juga :

Karena kekurangan Alsintan ini, kualitas panen jadi berkurang, harus bergantian dengan Desa sebelah yang memiliki Alsintan.

“Karena ini mutlak harus mekanisasi Pertanian,” jelas Samsun.

Samsun menerangkan, untuk produktivitas Petani, ia memiliki konsep. Tanaman jangan monoton satu jenis saja, bisa dilakukan sistem tumpang sari. Ada Sawah, ada tanaman holtikuktura, sekaligus ada kebun buah-buahan.

“Jadi panen mingguan ada, bulanan ada, tahunan jua ada. Penghasilan Petani menjadi lebih banyak, seperti Kelompok Tani binaan di Pesisir. Bawahnya sayur atasnya Jambu Kristal, ada Alpukat. Jangan ada lagi terpikir untuk menjual tanah Kebun dan Sawah untuk Tambang, padahal hasil Pertanian jauh lebih luar biasa, dibanding hasil jual tanah ke Tambang,” tutur Samsun.

Potensi Pertanian, kata Samsun, menyambut IKN ada 1,5 juta PNS, TNI Polri pindah ke Kaltim, yang pasti membawa keluarga.

“Ada 6 juta penduduk baru membawa perut, yang akan masuk. Ini peluang besar hasil Pertanian kita, pasarnya jelas, Muara Kaman lumbung pangan, bukan lagi angan.” tandas Samsun yang terpilih dari Daerah Pemilihan Kutai Kartanegara. (DETAKKaltim.Com)

Sumber : Rilis

Editor   : Lukman

(Visited 11 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!