Pj Sekprov Kaltim Pimpin Rakor Penyaluran Dana Bansos Covid-19

Sa’bani : Dispar dan Disdik Mendahului

0 114

DETAKKaltim.Com, SAMARINDA : Rapat Koordinasi (Rakor) Mekanisme Penyaluran Dana Bantuan Covid-19 kepada masyarakat melalui Bankkaltimtara dan Bank BRI, digelar di Ruang Tepian 2 Kantor Gubernur Kaltim, Rabu (27/5/2020).

Rapat Koordinasi (Rakor) Mekanisme Penyaluran Dana Bantuan Covid-19. (foto : Ahmadriyadi)

Hadir Kepala BPKAD HM Sa’aduddin, Kadinsos Agus Hari Kesuma, Kadispar Sri Wahyuni, Kadisnak Keswan Dadang Sudarya, Kepala Diskominfo Diddy Rusdiansyah, Plt Kadishub Hafidz Lahiya, Kepala Biro Kesra H Elto dan Kepala Biro Humas HM Syafranuddin serta pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov Kaltim.

Dalam Rakor tersebut Sa’bani menyebutkan, data yang sudah clear dan siap dilakukan pencairan dana adalah Dinas Pariwisata (Dispar), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) serta Dinas Perindagkop UMKM Kaltim.

“Dispar dan Disdik mendahului. Insya Allah, 29 Mei sudah ada yang bisa cair oleh Bankaltimtara. Sedangkan Bank BRI masih menunggu atau paling tidak awal Juni. Penyalurannya disepakati tiga bulan (April, Mei dan Juni) sebesar Rp750 Ribu per orang,” kata Sa’bani.

Ia mengakui ada keterlambatan penyaluran karena verifikasi data berulangkali dan memakan waktu cukup lama, sebab banyak data yang masuk. Bahkan terindikasi ganda, tentu perlu dipilah berkali-kali.

“Ini data kita harapkan sudah terpilah secara baik. Bahwa mereka tidak menerima bantuan dari program-program lain. Keseluruhan kita menyiapkan Rp150 Miliar untuk bantuan masyarakat terdampak Covid-19,” ungkap Sa’bani.

Untuk memudahkan penyaluran Belanja Tidak Terduga (BTT) Bansos yang bersumber dari APBD Kaltim, pemerintah menunjuk 2 perbankan untuk pelayanan, yakni Bankaltimtara melayani wilayah Balikpapan, Bontang, Penajam Paser Utara, Kutai Kartanegara dan Paser.

Sedangkan Bank BRI melayani wilayah Samarinda, Kutai Timur, Kutai Barat, Mahakam Ulu dan Berau.

“Masing-masing OPD harus infokan ke masyarakat penerima. Di bank mana saja mereka bisa mengambil bantuan,” harapnya. (DK.Com)

Sumber : Humas Pemprov Kaltim

Editor   : Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!