Persiapan APBDP, BPKAD Bontang – Banggar DPRD Susun Raperda Bersama

0 99
DETAKKaltim.Com, BONTANG : Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Kota Bontang Tahun Anggaran 2020 akan segera disahkan.

Sebelum pengesahan, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Bontang yang di dalamnya terdapat Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), melakukan persiapan berupa penyusunan Rencana Peraturan Daerah (Raperda) dengan Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Bontang.

Kabid Anggaran BPKAD Bontang Ilham Wahyudi menuturkan, saat ini pihaknya masih dalam tahapan penyusunan Raperda. Proses tersebut ditargetkan selesai sesuai dengan Permendagri Nomor 33 tahun 2019, tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2020.

“Kalau sesuai Permendagri, akhir September harus sudah selesai semuanya,” jelas Ilham, Kamis (20/8/2020).

Selesai dalam hal ini, lanjutnya, berarti sudah pada DPA Anggaran Perubahan. Sebelumnya, proses penyusunan APBD-P melalui beberapa tahapan. Di antaranya Rencana Kerja Pemerintah Daerah, Kebijakan Umum APBD dan PPAS, yang kemudian disepakati pemerintah dan DPRD. SE Penyusunan RKA-OPD, lalu Rencana Kerja dan Anggaran, kemudian Rancangan Peraturan Daerah.

“Untuk pengesahan Raperda, dilakukan sebelum akhir September,” ujarnya.

Baca juga : Pemkot Bontang Gelar Bimtek Bagi Wanita Rawan Sosial Ekonomi

Sebelumnya, Rapat Paripurna tentang Perubahan KUPA-PPAS tahun anggaran 2020 sudah dilaksanakan pada 12 Agustus 2020. Dalam rapat tersebut, asumsi keuangan daerah tahun ini melenceng dari target yang ditentukan. Dimana, Pemkot Bontang merevisi postur anggaran daerah yang sebelumya ditetapkan APBD-P senilai Rp1,6 Triliun, dipangkas Rp200 Miliar akibat pandemi Covid-19 yang melanda di tahun ini.

Hal itu disampaikan oleh Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni dalam Kebijakan Umum Perubahan Anggaran-Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUPA-PPAS) APBD-P 2020, yang hanya mencapai Rp 1,4 triliun. Semua penyusutan tersebut berawal dari SKB 2 Menteri yang mengharuskan pemerintah daerah melakukan refocusing anggaran. (DK.Com)

Penulis : Cinhue

Editor   : Lukman

(Visited 1 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!