Perjalanan ke Utara, Gubernur Bicara Listrik dan Air Bersih di Teluk

0 96

DETAKKaltim.Com, BIDUK – BIDUK : Kondisi fisik Gubernur Kaltim tidak menghalangi langkahnya untuk melakukan kunjungan kerja ke Pesisir Selatan Berau, sebagai rangkaian lawatannya ke bagian utara Kaltim, Jum’at (2/12/2016).

Di kawasan terpencil ini, Teluk Sumbang, Awang Faroek Ishak yang kerap disapa AFI menjanjikan Solar Cell dan Sumur Bor kepada warga.

Kedatangan rombongan Gubernur Kaltim telah ditunggu Bupati Berau Muharram dan Wakilnya Agus Tantomo, di Guest House milik PT Sumalindo untuk melakukan kegiatan kunjungan kerja ke Teluk Sumbang.

Selesai melaksanakan shalat Jum’at serta makan siang, kurang lebih Pukul 14:00 WITA, rombongan gubernur dan bupati langsung menuju Kampung Teluk Sumbang yang berada di Kecamatan Biduk-Biduk untuk bertatap muka dengan masyarakat setempat.

Gubernur
Gubernur mendengarkan aspirasi warga melalui Kepala Kampung Teluk Sumbang, Abdul Karim. (foto:MS77)

Dalam perjalan ke Teluk Sumbang, rombongan sempat dihadapkan dengan kondisi medan jalan yang cukup sulit dan panjang. Bahkan gubernur sempat beristirahat beberapa saat di spot wisata Batu Berdiri, yang hanya berjarak beberapa kilometer dari Teluk Sumbang.

Cukup beristirahat, rombongan kembali melanjutkan perjalanan. Sekitar kurang lebih Pukul 18:00 WITA akhirnya rombongan tiba di tempat tujuan. Meski tidak sampai satu jam berada di Teluk Sumbang, namun sambutan dan apresiasi yang diberikan warga begitu besar.

Kedatangan Gubernur beserta rombongan tersebut langsung disambut Kepala Kampung Teluk Sumbang Abdul Karim. Menurutnya, ini merupakan sebuah mimpi yang menjadi kenyataan. Pasalnya, sebelum kunjungan kerja gubernur tersebut dilakukan, belum pernah ada satu pejabat sekelas gubernur yang  berkunjung ke kampung yang namanya terkenal dengan air terjun bidadarinya itu.

“Jujur, ini seperti bulan jatuh di tengah-tengah kami. Kami sangat berterima kasih dan mengakui semangat besar beliau. Karena dengan kondisi beliau yang dudukpun sakit, beliau tetap memaksakan diri untuk mendatangi kami,” ungkap Abdul saat menyampaikan sambutannya.

Selaku Kepala Kampung, ia tidak menyia-nyiakan kesempatan langka tersebut untuk menyampaikan beberapa keluh kesah warganya kepada gubernur. Khususnya keluhan terkait akses jalan dari kampungnya menuju Kampung Giring-Giring. Selain itu persoalan listrik, dan juga air bersih diutarakannya.

“Saya sampaikan juga kalau masyarakat kami sangat mengharapkan perhatian pak gubernur terkait kemudahan akses jalan, listrik, dan air bersih,” ujar Abdul.

Awang Faroek Ishak dalam penyampaiannya mengatakan, kegiatan kunjungan kerja tersebut dilakukan guna bersilaturrahmi lebih dekat lagi antara gubernur dengan masyarakatnya. Di samping itu, ia juga ingin secara langsung melihat roda pembangunan, baik itu di tingkat kabupaten maupun kecamatan hingga pemerintah kampung.

Berita terkait : Perjalanan ke Utara, Gubernur Kunjungi RSP Sangkulirang dan Talisayan

Tidak hanya itu, iapun mengakui telah memahami sejumlah persoalan yang menjadi kendala bagi warga setempat. Namun hal itu dikatakannya telah sedikit banyak mendapatkan bantuan dari pemerintah kabupaten.

Kendati begitu,  Awang mengharapkan kepada kepala kampung, serta Camat Biduk-Biduk Muzakkir, untuk sesegera mungkin membuat usulan program untuk tahun-tahun mendatang, agar Kampung Teluk Sumbang dapat lebih berkembang maju.

“Sementara untuk listrik mungkin kita akan gunakan Solar Cell dulu, dan untuk air minum akan kita coba Sumur Bor. Itu yang bisa saya janjikan, dan dapat terealisasi dalam waktu yang tidak lama ini,” pungkas Awang. (MS77)

 

(Visited 4 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!