Perjalanan ke Selatan, Cagub Rusmadi Ngopi Bareng Petani Sawit

0 47

DETAKKaltim.Com, SEPAKU : Rusmadi, calon Gubernur Kaltim nomor 4 melanjutkan safari politiknya ke Kabupaten/Kota di Kaltim. Setelah pekan lalu menemui masyarakat petani di Kutai Timur, Selasa (10/4/2018) berangkat ke daerah selatan Kaltim, yakni Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dan Kabupaten Paser.

Perjalanan panjang dari Samarinda, membuat Rusmadi dan rombongan beristirahat sambil minum kopi di simpang jalan Trans Swarkasa Mandiri (TSM) Desa Semoi 2, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Panajam Paser Utara (PPU). Di situlah mantan Sekdaprov Kaltim ini bertemu dengan Suhadi, 56 tahun, warga setempat yang akhirnya ngopi bareng sambil ngobrol ngalor-ngidul.

Di sela obrolan itu terungkap kalau Suhadi adalah Petawi Kebun Sawit. Dia punya 6 hektar Kebun Sawit dan saat ini penghasilannya Rp6 Juta setiap bulan. Untuk kelancaran usaha kebunnya, Suhadi mengaku mempekerjakan tiga orang untuk memanen dan memupuk Sawit.

“Di sini lahan Sawit tidak banyak masalah dan tidak ada sengketa,” ujar Suhadi saat ngobrol dan ngopi bersama Rusmadi.

Dengan terus tarang, Suhadi dan masyarakat di Sepaku menginginkan jalan mulus di daerahnya ketika nanti Rusmadi memimpin Kaltim. Kemudian, listrik dari PLN diharapkan bisa masuk ke Desanya.

“Selain sawit, potensi Desa Semoi 2 ini dari pertanian dan ada batu gunung. Petani banyak juga yang menanam lombok dan sayur,” jelas Suhadi.

Rusmadi lebih banyak mendengarkan apa saja yang ingin disampaikan Suhadi. Percakapan mengalir lancar tanpa ada garis batas antara calon pemimpin dengan rakyat. Cak Rus – panggilan akrab Rusmadi, melihat sendiri kondisi sebagian jalan yang rusak dan longsor. Ada beberapa titik bermasalah, namun selebihnya sudah mulus.

Suhadi menceritakan, jalan jadi cepat rusak karena dilewati truk yang mengangkut tandan buah segar Sawit. Kekuatan jalan tersebut tak sebanding dengan berat kekuatan jalan aspal dan labilnya kondisi tanah.

“Jalan rusak karena truk-truk bermuatan besar,” kata Rusmadi yang menyebut Suhadi sebagai seorang saudagar.

Salah satu prioritas program Rusmadi dan Safaruddin sebagai calon Gubernur dan wakil Gubernur adalah Kaltim Mulus. dengan membangun jalan baru 300 kilometer dan pemeliharaan jalan 80 persen.

Selain itu, program lainnya adalah Kaltim Terang dengan penyediaan sapras Pedesaan Listrik 100 persen.

Kepada para petani, Rusmadi-Safaruddin menjelaskan, kepemimpinannya kelak menggulirkan bantuan bagi petani, UMKM, beasiswa dan rakyat kecil. (LVL)

(Visited 8 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!