Penghuni Shalat Ied, Dua Rumah Dibobol Maling

0 91

DETAKKaltim.Com, BALIKPAPAN : Dua laporan masuk di Mapolsek Balikpapan Utara terkait pencurian di rumah kosong. Kedua korban masing-masing beralamat di Jln Inpres I RT 23 dan Jln Inpres II RT 48.

Kedua kasus tersebut terjadi pada Hari Raya Idul Fitri lalu, Minggu (25/6/2017) tepat saat rumah dalam keadaan kosong karena penghuninya sedang beribadah Shalat Ied. Kedua rumah tersebut sama-sama dibobol melalui bagian jendela.

Korban pertama, Jasman, warga Inpres I RT 23, Kelurahan Muara Rapak, Balikpapan Utara, Kalimantan Timur. Rumahnya dimasuki orang saat ia dan keluarganya sedang Shalat Ied. Saat itu para penghuni rumah berangkat sekitar Pukul 06:00 Wita.

Korban kehilangan sejumlah barang berharga, di antaranya Kamera, Cincin Emas seberat 5 gram, dan Jam tangan.

Disampaikan Panit Reskrim Polsek Balikpapan Utara, Ipda Nikson Sitompul, sebelum raib, barang-barang tersebut berada di kamar.

“Kerugian sekitar Rp15 Jutaan, waktu itu barang-barang korban berada di kamar. Korban sadar kehilangan waktu pulang dari Shalat Ied,” terang Nikson, Kamis (29/6/2017) malam.

Dugaan sementara pelaku pencurian masuk melalui jendela rumah yang lupa dikunci oleh pemilik. Kelengahan tersebut dimanfaatkan pencuri untuk dapat masuk ke dalam rumah dengan mudah. Tanpa harus merusak kunci, rumah sudah dapat dimasuki dan mengakibatkan beberapa barang berharga lenyap.

Untuk rumah kedua adalah milik Arda, di Inpres II RT 48 Kelurahan Muara Rapak, Balikpapan Utara. Dugaan pemilik, rumahnya dimasuki pelaku saat tengah Shalat Ied. Pelaku membobol jendela rumah korban, kemudian menggapai kunci rumah yang menempel di pintu yang tidak jauh dari jendela. Pelaku lalu membuka pintu dan masuk seperti biasa.

“Pelaku pencurian di Inpres II ini berhasil mencuri sebuah Laptop milik korban. Dia congkel jendela dan buka kunci pintu lewat jendela,” ungkap Nikson.

Nikson membenarkan bahwa pencurian oleh pelaku dipermudah dengan keteledoran korban sendiri. Ia mengatakan, pemilik rumah baiknya mengantisipasi dengan mengunci rumah dengan baik.

Karena masih dalam suasana Idul Fitri, kedua korban masih belum dimintai keterangan oleh penyidik Mapolsek Balikpapan Utara. Maraknya pencurian saat rumah dalam keadaan kosong baiknya jadi perhatian masyarakat.

Menurut Nikson, jangan sampai karena hal sepele seperti lupa mengunci jendela malah jadi jalan untuk para pelaku kejahatan.

“Harusnya kesadaran dari pemilik rumah untuk mengecek keamanan rumah sebelum ditinggal mudik atau bepergian,” tandasnya. (Rsk)

 

(Visited 27 times, 1 visits today)
Leave A Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!